Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Jul 2018 00:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Jangan Sampai Tertipu Open Trip Abal-abal, Baca 6 Hal Ini

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi Open Trip (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi Open Trip (Thinkstock)
Jakarta - Belakangan sedang heboh kasus sekelompok traveler yang ditinggal oleh tour leader. Nah, sebelum memilih open trip, perhatikan dulu beberapa hal ini.

Ikut open trip sekilas memang menguntungkan. Namun, inilah yang menjadi peluang sebagian orang dengan niat yang tidak baik untuk mencari keuntungan tanpa mementingkan pelanggan. Selain harga yang murah, biasanya destinasi yang dituju tidak jauh berbeda dengan menyusun itinerary sendiri.

BACA JUGA: Tips Memilih Tour Leader yang Profesional


Tonton juga video: 'Masih Soal ADA Tour, Lyra Virna Dipanggil Polda Lagi'

[Gambas:Video 20detik]


Traveler harus berhati-hati. Open Trip yang umumnya dipromosikan lewat media sosial harus dicerna ulang. detikTravel telah merangkumnya agar traveler dapat memilih Open Trip dengan cermat.

1. Lihat kualitas foto

Umumnya akun-akun Open Trip mengunggah sejumlah foto destinasi menarik yang menjadi tujuan. Nah, traveler jangan langsung tergoda ya. Coba dulu lihat orisinalitas dari foto tersebut.

Cobalah copy foto ke Google, jika apabila sumbernya adalah media atau bukan dari Open Trip yang bersangkutan, traveler harus ekstra hati-hati. Lihat juga kualitas foto yang diambil, Open Trip sungguhan selalu memberi portfolio yang jelas dan menarik.

2. Susuri Website atau kontak yang bisa dihubungi

Jika mendapat informasi dari media sosial, susuri lebih dalam website asli Open Trip. Traveler juga bisa menghubungi kontak resmi seperti nomor telepon atau alamat e-mail yang bisa terlacak.

3. Jangan langsung percaya testimoni online

Banyak penjual yang umumnya memberikan testimoni online atas produk yang dijajakan. Nah, traveler jangan langsung percaya rekapan tersebut ya. Cobalah lihat lebih lanjut orang-orang yang memberikan testimoni. Perhatikan juga testimoni yang diberikan, jika terlihat mencurigakan, traveler patut berhati-hati.

4. Tanya rekomendasi kerabat

Salah satu cara aman untuk memilih Open Trip adalah bertanya dengan kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa perusahaan tersebut. Selain bertanya soal keaslian, traveler juga bisa menanyakan jasa yang diberikan apakah layak atau tidak, serta kualitas yang diberikan.

5. Tanyakan Itinerary detail

Salah satu aspek terpenting Open Trip adalah tempat yang dituju. Traveler berhak menanyakan itinerary detail dengan berbagai aspek yang ditanggung. Karena beberapa OPen Trip tidak menyediakan layanan transportasi atau makanan ekstra. Sehingga, traveler perlu menyiapkannya dari awal.

6. Legalitas perusahaan

Meskipun tipe Open Trip, bukan berarti agen atau perusahaan tersebut tidak memiliki identitas perusahaan. Legalitas ini memperngaruhi keaslian dan kualitas dari Open Trip tersebut agar tidak merugikan konsumen.


Jangan Sampai Tertipu Open Trip Abal-abal, Baca 6 Hal Ini
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menikmati Pesona Karimunjawa

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.