Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2019 08:45 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh

Bonauli
detikTravel
6 Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh. (Foto: iStock)
6 Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh. (Foto: iStock)
Jakarta - Liburan akhir tahun sudah dekat. Bisa jadi sudah ada pula yang bersiap menjalani penerbangan panjang untuk liburan ke luar negeri. Berikut tips nyaman penerbangan jarak jauh di pesawat.

Jalan-jalan ke luar negeri jadi salah satu opsi buat yang hendak liburan akhir tahun, apalagi kalau mau menikmati destinasi wisata bernuansa salju. Tapi untuk itu traveler juga harus bersiap menjalani penerbangan panjang dengan waktu yang lama, atau biasa disebut long haul.

Agar liburan akhir tahunmu tetap terasa maksimal, detikcom merangkum beberapa tips penerbangan panjang yang bisa traveler lakukan pada saat atau sebelum penerbangan agar tetap merasa nyaman.

1. Pilih kursi

Perencanaan terbang ke negara Eropa atau Amerika Serikat memang membutuhkan waktu. Selain perlengkapan visa, pemilihan kursi pesawat juga jadi hal yang dianggap penting.


Kalau kamu kehabisan kursi bisnis atau first class, kursi ekonomi pun bisa disiasati. Caranya pilih kursi di dekat pintu darurat. Karena kursi-kursi ini menyediakan ruang kaki yang lebih luas sehingga bisa membuat penerbangan jarak jauh jadi lebih nyaman.

Traveler yang suka ke toilet sebaiknya pilih kursi lorong. Sehingga saat ingin buang air, kamu tidak mengganggu penumpang lain yang sedang tidur.

2. Jangan saltum

Selama terbang, aktivitas yang kamu lakukan sangat terbatas. Cobalah untuk melakukan penerbangan jarak jauh dengan pakaian yang nyaman, seperti celana panjang (bukan jeans), jumper dan kaus kaki.

Meskipun beberapa pesawat memberikan fasilitas selimut dan bantal, bawalah bantal leher sendiri. Perlengkapan seperti penutup telinga juga bisa kamu siapkan kalau berencana tidur di pesawat.


3. Jangan tidur lama

Mungkin tips ini cukup sering kamu dengar. Tidur sepanjang perjalanan, terutama dalam penerbangan panjang, sebenarnya hanya akan membuat sirkulasi dalam tubuh terhambat.

Untuk itu cobalah berjalan sepanjang lorong setelah tidur 2-3 jam. Lakukan hal ini selama perjalanan supaya kakimu nggak keram ya!

4. Minum air putih

Wine dan alkohol menjadi salah satu sajian di dalam penerbangan jauh. Hindarilah minuman ini, karena saat berada di ketinggian jumlah oksigen dalam darah akan berkurang.

Ini akan membuatmu lebih cepat mabuk. Tahu sendirikan kejadian nyeleneh penumpang saat mabuk? Insiden ini bisa sangat mengganggu penumpang lain.

Dari pada alkohol, minum air putih sangat disarankan ketika long haul. Usahakan untuk membawa sendiri botol air minum ya.


5. Bawa buku dan gadget

Tidur selama penerbangan sebenarnya tidak disarankan. Kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku atau bermain game.

Supaya tidak bosan, ada baiknya kamu mengunduh film, game atau musik favoritmu.

6. Menipu tubuh

Tips satu ini bisa dilakukan untuk kamu yang susah tidur saat penerbangan jarak jauh. Cobalah untuk menipu tubuh, seakan ini adalah waktu tidurmu.

Lakukanlah ritual yang biasa dikerjakan saat hendak tidur. Seperti menggosok gigi, mencuci muka, dan berkumur.

Kemudian hindari makanan berat dan kopi. Dua hal ini sulit untuk dicerna tubuh dan bisa membuat stres. Cobalah untuk minum teh atau stretching.





Simak Video "Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA