Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Apr 2020 19:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Penerbangan AS Berjalan Normal Saat Corona, Bagaimana Jaga Penumpang?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Corona vs dunia penerbangan (Foto: iStock)
Jakarta -

Keadaan dunia penerbangan saat ini sedang tak baik karena virus Corona. Jika Anda harus terbang, inilah tips dan yang harus dilakukan.

Diberitakan CNN, jumlah penumpang pesawat telah mencapai titik terendah dalam 10 tahun terakhir. Dampak pandemi virus Corona atau COVID-19 diungkapkan oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) Amerika Serikat.

Lalu, apa yang harus traveler persiapkan saat harus terbang di situasi seperti sekarang? Mari berkaca dari penerbangan AS yang saat ini masih berjalan normal.

Hampir semua maskapai besar menahan atau membatasi minuman dalam penerbangan untuk mengurangi kontak atau physical distancing. Pelanggan diminta membawa makanan dan minuman mereka sendiri di dalam kabin.

Layanan Delta Air Lines misalnya, layanan penyegaran tergantung lama penerbangan dan pemberian minuman pada air kemasan. Maskapai besar lainnya juga membatasi minuman apa yang disajikan.

Lalu, American Airlines dan United Airlines membuat jarak di mana tidak ada lagi penumpang di kursi tengah. Mereka juga memungkinkan perubahan kursi jika dirasa tak nyaman bagi penumpang.

Alaska Airlines menawarkan penjadwalan ulang jika jarak antar penumpang terlalu dekat. Semua maskapai telah meningkatkan pembersihan di kabinnya.

Banyak maskapai yang mendorong penumpangnya untuk membawa produk pembersihnya sendiri.

Jika masih merasa was-was dan takut, apa yang perlu dipersiapkan sebelum terbang?

Bandara-bandara di hampir seluruh negara di dunia telah mendorong para pelancong untuk mengikuti panduan keselamatan. Ada pun yang terpenting yakni menjalankan social dan physical distancing.

Anda harus mengenakan masker, mencuci tangan paling tidak selama 20 detik, dan tinggal di rumah jika sakit. Bahkan, bandara di AS kini ada pengecualian terhadap aturan cairan yang boleh dibawa, yakni mengizinkan satu botol isi 12 ons pembersih tangan berbasis alkohol per penumpang.

Lounge-lounge yang ada di bandara saat ini banyak tak beroperasi. Di AS, banyak restoran di bandara yang memangkas jam operasinya hingga ada penutupan toilet berkala karena harus dibersihkan.

Jadi, sebelum terbang, persiapkan dengan matang perjalanan Anda. Terakhir, patuhi aturan dari pemerintah setempat.



Simak Video "Rusia Kembali Buka Penerbangan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA