Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 23:15 WIB

TRAVEL-TIPS

8 Tips Mendaki Gunung Ciremai Pas Cuti Bersama

Bima Bagaskara
detikTravel
View Gunung Ciremai
Tips mendaki Gunung Ciremai (Bima Bagaskara/detikTravel)
Kuningan -

Pos pendakian Gunung Ciremai mulai dipadati pendaki pada libur cuti bersama. Agar pendakian aman dan nyaman, berikut tips mendaki Gunung Ciremai.

Ada empat jalur pendakian yang bisa dipilih untuk menggapai Gunung Ciremai yang memiliki puncak tertinggi di Jawa Barat itu. Keempat jalur itu ialah jalur Palutungan, jalur kembar Linggasana dan Linggarjati di Kabupaten Kuningan serta jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Meski semua jalur pendakian dibuka pada libur cuti bersama, namun kuota pendakian dibatasi hanya 150 orang per hari dari masing-masing jalur. Itu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat COVID-19.

Bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Ciremai, berikut detikcom rangkum tips pendakian Gunung Ciremai menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kuswandono.

1. Booking Online

Semua pendaki yang ingin mendaki Gunung Ciremai harus terlebih dahulu mendaftar secara online dengan membuka website resmi Gunung Ciremai yakni www.tngciremai.com.

Setelah membuka website tersebut pendaki bisa memilih tanggal pendakian dan jalur yang ingin dilewati. Untuk para pendaki pemula, disarankan agar memilih jalur pendakian Apuy di Kabupaten Majalengka karena track di jalur ini jauh lebih pendek dari tiga jalur lainnya.

Sedangkan untuk pendaki yang sudah berpengalaman dan ingin mencari tantangan lebih dari jalur yang dilalui, bisa memilih jalur Linggarjati yang memiliki track lebih ekstrim.

2. Survei

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kuswandono mengimbau siapapun yang akan mendaki Gunung Ciremai agar melakukan survei terkait pendakian Gunung Ciremai.

"Bisa di media sosial Gunung Ciremai maupun dari referensi yang lain. Jadi terbayang masing-masing kesulitan dari jalur yang akan dilalui sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan diri," kata Kuswandono saat dihubungi melalui sambungan telepon Rabu (28/10/2020).

Gunung CiremaiKesiapan fisik dibutuhkan untuk mendaki Gunung Ciremai. Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

3. Perlengkapan Peralatan

Ini adalah hal yang tidak boleh disepelekan oleh para pendaki. Kata Kuswandono ada beberapa peralatan yang wajib dibawa dan ada juga peralatan yang dilarang atau tidak perlu dibawa.

Untuk peralatan yang wajib dibawa diantaranya makanan, jas hujan, tenda, sleeping bag, pakaian, jaket dan perlengkapan kesehatan.

"Yang dilarang jangan dibawa misalnya bawa golok panjang, gitar, musik box, itu tidak penting termasuk drone, hanya boleh handphone dan kamera biasa saja," kata Kuswandono.

4. Persiapkan Fisik & Mental

Siapapun orangnya yang akan mendaki gunung, dianjurkan untuk berlatih fisik beberapa minggu sebelum pendakian. Itu agar selama pendakian tidak terjadi cedera akibat tidak siapnya fisik.

"Kalau mental harus benar-benar niat untuk menaklukkan diri sendiri agar bisa mencapai puncak dengan baik dan pulang dengan selamat," kata Kuswandono.

Selain itu, fisik yang sip juga tidak menyusahkan rekan seperjalanan.

Tips mendaki Gunung Ciremai >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA