Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Nov 2021 14:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Ingat, Jangan Rapikan Tempat Tidur Hotel Sebelum Check-Out!

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi hotel
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mantan pegawai hotel berpesan, para tamu dilarang merapikan tempat tidur saat mereka akan check-out. Tempat tidur yang rapi justru akan membingungkan pegawai.

Banyak dari tamu mungkin belum mengetahui tata cara meninggalkan kamar hotel sebelum check-out. Salah satu hal yang kerap kali menimbulkan perdebatan adalah soal merapikan tempat tidur.

Bagi sejumlah orang, merapikan tempat tidur sebelum meninggalkan kamar akan mempermudah pekerjaan para pegawai hotel. Namun ternyata para pegawai justru akan menghabiskan waktu lebih lama dan bingung bila melihat tempat tidur dalam kondisi rapi.

"Jika kami pikir Anda belum menggunakan tempat tidur sama sekali, kami mungkin tidak akan mengganti seprai," kata mantan pegawai resor di Australia dikutip dari The Sun, Senin (1/11/2021).

"Jadi, lebih baik tinggalkan saja dalam kondisi terlihat sudah ditiduri," ia menegaskan.

Bila memang ingin membantu pekerjaan pegawai hotel, tamu dapat menggulung handuk, seprai, dan selimut. Itu akan mempermudah pegawai untuk mendeteksi bahwa barang-barang tersebut sudah dipakai.

Sebelumnya, warga net di Reddit berdiskusi soal sikap yang baik ketika check-out hotel. Salah seorang pengguna berkata, "setiap kali saya menginap di hotel, saya selalu menanggalkan tempat tidur dan menumpuk seprai dan handuk kotor di kamar mandi."

Beberapa juga menjelaskan mereka telah diajarkan untuk melakukan hal tersebut oleh orang tua mereka.

"Setiap kali kami tinggal di hotel, ayah saya akan mengumpulkan semua yang melekat di tempat tidur dan menambahkannya ke tumpukan barang kotor," katanya.

"Saya tidak paham maksudnya sampai saya menjadi pembersih rumah," ujarnya.

Pengguna lain yang merupakan staf kebersihan juga mengatakan, hal tersebut akan sangat membantu. "Itu menghemat banyak upaya yang melelahkan," tuturnya.

"Cobalah dan tinggalkan barang-barang kotor itu di tempat setinggi pinggang karena para pegawai sering mengambilnya sekaligus untuk mempercepat pekerjaan dan tidak terlalu berbahaya bagi punggung mereka jika barang-barang itu tidak diletakkan di lantai," ia menjelaskan.

Selanjutnya: matikan televisi sebelum check-out hotel

Lihat juga Video: Melihat Fasilitas dan Protokol Kesehatan Berlapis di Hotel Aston Anyer

[Gambas:Video 20detik]




Tamu juga dapat mempermudah kerja pegawai hotel dengan mematikan TV di kamar sebelum keluar kamar. Membiarkan TV menyala akan menyebabkan pegawai bingung.

"Jika mereka dapat mendengar TV menyala, itu berarti mereka tidak tahu apakah Anda ada di kamar atau tidak dan karenanya harus menelepon ke meja resepsionis," paparnya.

Jadi, memastikan semua alat dimatikan dan meninggalkan tanda tidak ada orang di pintu sebelum pergi merupakan cara terbaik untuk membantu pegawai. Selain itu, tak ada salahnya juga memberikan tip bagi pegawai kebersihan.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA