Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Nov 2021 10:44 WIB

TRAVEL-TIPS

3 Hal Ini Baiknya Jangan Dilakukan di Toilet Pesawat

Ilustrasi toilet pesawat
Foto: (dok. Thinkstock)
Washington -

Ketika dalam penerbangan entah itu antar provinsi atau lintas negara, pada waktu tertentu Anda ingin menggunakan toilet pesawat. Namun, ketahui apa yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi pesawat meski toilet terlihat dalam keadaan bersih.

Di masa pandemi ini, sejumlah maskapai penerbangan membuat aturan ketat termasuk ketika di toilet pesawat. Sayangnya, pramugari dan frequent flyer mengatakan mereka masih melihat orang melakukan yang tidak boleh dilakukan.

Seperti dilansir dari Bestlifeonline, Sabtu (27/11/2021) beberapa hal ini jangan dilakukan traveler di toilet pesawat:

1. Bertelanjang kaki

Bertelanjang kaki di mana saja di pesawat, termasuk di toilet menempatkan Anda berisiko. Menurut ahli penyakit kaki Ebonie Vincent, bertelanjang kaki di pesawat itu berbahaya. Menurutnya, berjalan tanpa alas kaki di pesawat dapat membuat orang terpapar bakteri dan virus.

"Anda juga bisa terkena jamur, belum lagi jutaan kuman dan bakteri yang bisa Anda pindahkan ke karpet, di dalam kamar hotel atau rumah dan mobil, yang berbahaya bagi orang lain," katanya.

Memang ada beberapa tempat lebih banyak kuman dan bakteri daripada di dalam kamar mandi pesawat. Namun, bukan berarti toilet pesawat itu bersih dari kuman meski sering dibersihkan.

"[Itu] membuat saya ngeri setiap kali orang melakukannya. Saya tidak mengerti Ya, mereka membersihkan pesawat lebih sering dari biasanya, tapi tetap saja, kamu tidak di rumah," kata pramugari Raven Johnson kepada Washington Post.

2. Menyentuh bagian ini di toilet

Federal Aviation Administration (FAA) sebenarnya tidak mengatur seberapa sering (atau baik) pesawat dibersihkan berapa meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar pesawat dibersihkan dan disapu di antara penerbangan, dan dilakukan pembersihan lebih dalam setidaknya sekali setiap 24 jam.

Padahal, dalam ruang sempit yang disebut toilet pesawat itu begitu mudah bakteri menyebar dan percikan cairan masuk ke setiap permukaan di area tersebut. Jadi, penting juga untuk mengingat bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Toilet yang Anda gunakan juga digunakan oleh puluhan bahkan ratusan orang lain dalam waktu singkat. Untuk itu, para ahli menyarankan agar menghindari menyentuh banyak bagian kamar mandi pesawat yang paling sering digunakan. Mulai dari dudukan toilet hingga pegangan pintu.

Menurut catatan Forbes, meskipun kamar mandi atau toilet di pesawat dibersihkan sesering mungkin, permukaan yang sering disentuh masih bisa menjadi sarang kuman.

3. Melepas sepatu saat di pesawat

Kaki telanjang tidak boleh untuk alasan kebersihan dan karena itu tidak sopan. Salah satu pramugari memperingatkan Reddit. Ketika mendarat, pesawat tentu dibersihkan secara menyeluruh. Tetapi dalam penerbangan, sumber daya terbatas.

"Kencing dan kotoran ada di mana-mana. Saya merasa seperti menyaksikan 'kecelakaan' secara teratur, di kursi mereka atau di [kamar mandi]," jelas pramugari tersebut.

Selain kamar mandi, orang juga suka melepas sepatu mereka di pesawat. Berjalan tanpa alas kaki juga tidak sopan bagi sesama penumpang.

"Ada rasa hak yang sangat kuat di mana orang-orang seperti, 'Hei, saya membayar sejumlah uang X untuk tiket pesawat ini sehingga saya bisa berbuat seperti yang saya inginkan di pesawat ini,'" kata Shawn Kathleen, mantan pramugari di balik akun @PassengerShaming, kepada The Wall Street Journal pada tahun 2020.

Sejumlah maskapai besar termasuk Delta, American Airlines, JetBlue, dan Southwest Airlines bahkan memiliki aturan eksplisit yang menyatakan bahwa Anda dapat dikeluarkan dari penerbangan karena bertelanjang kaki.

Jika Anda benar-benar tidak memakai sepatu normal selama penerbangan, ada alternatifnya. Misalnya ketika kaki Anda membengkak di pesawat dan memakai sepatu pasti terasa tidak nyaman, Anda memiliki pilihan.

Pakar perjalanan Caroline Costello dari Smart Traveler merekomendasikan agar Anda menyimpan sepasang sandal di tas jinjing Anda untuk dipakai. Berjalan-jalan dengan menggunakan kaus kaki lebih baik daripada tidak sama sekali dalam keadaan darurat, tetapi perlu diingat bahwa kaus kaki tidak akan menyelamatkan Anda dari cairan (air atau lainnya) yang mungkin Anda temui di lantai kamar mandi.

Costello juga menyarankan agar Anda bertanya kepada pramugari apakah maskapai memiliki kaus kaki atau sandal untuk Anda pakai sebagai pilihan terakhir. Banyak operator menyediakan barang-barang itu secara gratis untuk pelanggan bisnis dan kelas satu.



Simak Video "Yang Perlu Traveller Perhatikan Sebelum Berkunjung ke Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA