Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Des 2021 23:11 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini Mengapa Kamu Harus Memotret Barang Bawaan Sebelum Naik Pesawat

Bagasi penumpang pesawat. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi bagasi penumpang pesawat (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan traveler untuk mengamankan bagasi di pesawat. Salah satunya dengan memotret barang bawaan sebelum terbang.

Seperti tertulis di situs tanya jawab Quora, seorang traveler yang biasa melakukan perjalanan udara bernama Sarvakhgyan Santhaunam menuliskan pandangannya mengenai alasan para penumpang dianjurkan untuk memotret barang bawaan mereka sebelum masuk pesawat.

Tips ini disebut bisa meminimalkan risiko kesulitan jika seandainya koper atau barang bawaan lain di bagasi bandara hilang.

Penumpang disarankan agar setiap sebelum perjalanan penerbangan memotret koper atau barang bawaan yang akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Sebaiknya, foto barang bawaan ini diambil dari empat sudut berbeda di smartphone untuk memperjelas detail bendanya.

Pasalnya, ada kemungkinan besar penumpang pesawat bisa sewaktu-waktu kehilangan bagasi mereka baik koper maupun benda lainnya. Apalagi di saat musim-musim liburan yang ramai oleh wisatawan dan tingkat aktivitas bandara yang tinggi.

Jika ada bagasi atau barang hilang

Jika kehilangan barang, penumpang harus melaporkan kepada otoritas bandara di bagian khusus bagasi hilang. Langkah yang dilakukan pertama kali tentu saja penumpang tersebut akan diminta untuk memberikan deskripsi seperti apa bentuk luar dan isi dari bagasinya.

Memang, hampir sebagian besar penumpang mengetahui isi koper atau tas mereka. Namun, mereka tidak mampu memberikan deskripsi yang jelas mengenai tampilan luarnya.

Kalau hanya menyebutkan deskripsi standar seperti misalnya koper hitam besar merek X, kemungkinan besar pihak otoritas bandara akan sedikit kesulitan melacaknya. Ini disebabkan karena ada ratusan hingga ribuan koper hitam besar dengan merek yang sama di bandara.

Gunanya memotret bagasi sebelum terbang

Dengan bantuan foto yang ada di ponsel, penumpang bisa memberikan deskripsi lebih jelas mengenai bentuk dan detail dari barang bawaan mereka. Hal ini dapat membantu otoritas bandara mempersempit ruang lingkup pencarian.

Menurut Santhaunam, peluang barang bawaan yang hilang bisa ditemukan cepat akan lebih tinggi jika penumpang menunjukkan fotonya.

Apalagi, kalau penumpang sedang berada di bandara internasional yang bukan daerahnya sendiri. Dengan menunjukkan gambar dari ponsel kepada keamanan bandara, tentu akan sangat membantu terutama jika ada kendala dalam berbahasa.

Meski tidak ada yang berharap kehilangan barang bawaannya, tips ini bisa menjadi antisipasi. Lagipula hanya butuh waktu beberapa detik untuk memotret barang bawaan. Jadi, tak ada ruginya jika dilakukan bukan?



Simak Video "Pesawat Berpenumpang Tabrak Truk di Haiti, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya