Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 09:11 WIB

TRAVEL-TIPS

7 Tips Traveling Hemat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Ilustrasi traveling
Foto: Getty Images/iStockphoto/Peera_Sathawirawong
Jakarta -

Bagi pelajar dan mahasiswa yang berencana untuk berlibur, perhatikan beberapa tips ini supaya kalian bisa lebih hemat saat traveling.

Masa liburan paling panjang biasanya didapat oleh para pelajar dan mahasiswa. Masa liburan semester bisa berlangsung selama dua minggu hingga tiga bulan.

Untuk menghabiskan waktu libur yang panjang, beragam cara dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Ada yang mengikuti magang untuk menambah pengalaman. Ada juga yang menikmatinya dengan traveling.

Bagi pelajar yang gemar traveling atau merupakan seorang traveler, tahun ini menjadi tahun kebangkitan perjalanan wisata. Banyak border yang sudah dibuka. Banyak juga pembatasan perjalanan yang dihapus.

Biasanya saat melakukan traveling, kalangan pelajar dan mahasiswa memiliki bujet yang terbatas. Setidaknya tidak sebanyak saat berlibur bersama keluarga.

Untuk menyiasati hal tersebut, pelajar dan mahasiswa yang senang traveling bisa perhatikan beberapa tips ini. Dikutip dari India.com, terdapat 7 travel hacks untuk pelajar yang dapat dicoba untuk berhemat:

1. Pelajari destinasi secara mendalam

Pelajari destinasi yang akan dikunjungi secara kontinu. Ini dilakukan agar traveler bisa mendapat gambaran umum mengenai biaya yang perlu dikeluarkan.

Selain itu, dengan mengetahui biaya-biaya dari awal akan menghindarkan traveler dari pemalakan oleh pelaku wisata. Destinasi kini dapat dengan mudah dipelajari melalui internet. Traveler juga bisa mencari tahu melalui buku petunjuk atau video wisata dari destinasi tersebut.

Jika biaya transportasi umum cukup tinggi, cobalah menyewa motor atau kendaraan sendiri. Jika memungkinkan, traveler juga dapat menjelajah menggunakan sepeda.

2. Pesan penerbangan pada hari Selasa

Mungkin tips ini terdengar kuno. Namun tidak ada cara lain selain memesan tiket dari jauh-jauh hari.

Jika traveler memperhatikan dengan detail, traveler akan menyadari bahwa biasanya harga tiket pesawat naik pada hari Jumat dan kembali turun pada hari Senin atau Selasa. Hal ini disebabkan oleh rendahnya permintaan pemesanan pada Senin dan Selasa.

Sehingga disarankan untuk memesan tiket pesawat pada dan dengan jadwal penerbangan di hari Selasa. Umumnya Selasa merupakan hari dengan harga tiket paling murah.

3. Bekerja paruh waktu atau ikuti kegiatan sukarela untuk mendapatkan akomodasi gratis

Jika destinasi yang dituju menawarkan beragam kegiatan paruh waktu atau sukarela, cobalah untuk mendaftar. Kegiatan-kegiatan seperti ini biasanya disertai dengan fasilitas tempat tinggal sementara.

Dengan mengikuti kegiatan, traveler dapat menghemat biaya akomodasi. Selain itu, jika beruntung traveler juga bisa mendapatkan kegiatan yang memberikan jatah makan. Sehingga traveler dapat semakin berhemat.

4. Menginap di hostel, bukan di hotel

Harga hostel relatif lebih murah dibanding hotel. Karena dalam hostel traveler akan berbagi kamar dengan orang lain. Ini menjadi salah satu opsi jitu untuk mengurangi biaya traveling.

Jika traveler keberatan berbagi kamar dengan orang asing, carilah hostel yang menawarkan pilihan kamar dan kamar mandi privat. Sehingga selain mendapat kamar dengan harga lebih murah, traveler juga dapat berhemat dengan menyiapkan makan malam di hostel.

5. Tawarlah harga saat berbelanja

Traveling tidak lengkap tanpa mencicipi dan membeli berbagai produk lokal. Selain itu, cara ini juga merupakan langkah yang tepat untuk merasakan pengalaman hidup sebagai masyarakat lokal.

Namun jangan lupa untuk menawar ketika berbelanja di pasar lokal. Biasanya harga yang diberikan pada turis berbeda dibandingkan harga yang ditawarkan pada lokal. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk menawar.

6. Bawa kartu pelajar

Jangan lupa membawa dan memanfaatkan kartu pelajar yang dimiliki. Terdapat banyak destinasi yang mematok harga berbeda untuk pelajar.

Umumnya harga untuk pelajar selalu lebih murah. Sehingga bawalah selalu kartu pelajar ke mana pun traveler pergi.

7. Naik kereta atau bus malam

Salah satu cara jitu untuk berhemat adalah dengan menaiki kereta atau bus malam. Dengan cara ini, traveler dapat menghemat biaya akomodasi karena tak perlu lagi menginap di hotel.



Simak Video "Yang Perlu Traveller Perhatikan Sebelum Berkunjung ke Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA