Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Agu 2022 15:04 WIB

TRAVEL-TIPS

Staycation Tanpa Gangguan Pakai Incognito, Gini Cara Request-nya

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Ilustrasi kamar hotel
Staycation tanpa gangguan dengan meminta layanan incognito ke resepsionis (Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa)
Jakarta -

Ternyata hotel punya layanan incognito yang bisa di-request oleh siapapun. Nah, begini cara untuk meminta layanan ini.

Layanan incognito di hotel merupakan layanan yang memungkinkan tamunya agar tidak terlacak keberadaannya dan bebas gangguan. Sehingga tamu tersebut dapat menikmati waktu menginapnya.

Layanan ini merupakan layanan yang umum dimiliki semua hotel. Meski di kalangan masyarakat biasa mungkin layanan ini tak banyak diketahui, namun di kalangan traveler dan public figure layanan incognito sudah sering digunakan.

Untuk masyarakat umum yang ingin memanfaatkan layanan ini, ternyata caranya sangat mudah. Jika melakukan pemesanan online baik melalui email ataupun telepon, cukup katakan atau tuliskan keterangan bahwa ingin menggunakan layanan incognito.

"Kalau prosedur khusus tidak ada. Jadi biasanya tamu-tamu yang memang sudah biasa stay di hotel atau dimana pun mereka sudah tahu. Contoh saat mereka reservasi, baik by phone atau email, mereka bilang jumlah kamar yang dipesan, jumlah tamu, cuma mungkin ada tambahan request 'Mohon incognito ya' atau cukup tambahkan note incognito saja," kata Head of Brand & Marketing Communication Sutasoma Hotel Reynold Octaviano kepada detikTravel.

Namun jika kadung memesan tanpa keterangan atau melakukan pemesanan di laman online, request ini juga bisa dilakukan di resepsionis. Tamu dapat dengan mudah meminta untuk menggunakan layanan incognito saat melakukan check in.

"Tamu dapat meminta kepada pihak resepsionis ketika check in," kata FO Manager The Grove Suites by Grand Aston Nova Lynda Sirait.

Kapanpun dan bagaimanapun cara requestnya, pihak hotel akan secara otomatis menerapkan protokol incognito kepada tamu yang meminta.

"Hanya dengan menyebutkan 'Tolong saya diberi note incognito'. Jadi secara otomatis, apapun itu yang bersifat informasi di-hide," kata Reynold.

Tidak hanya dari segi informasi, ketika tamu meminta untuk menggunakan layanan incognito maka secara fasilitas dan layanan pun akan mengikuti. Petugas hotel tak akan mengganggu tamu untuk keperluan yang tidak perlu.

"Saat di resepsionis itu sudah mengalir secara sistematis untuk seluruhnya bahwa tamu ini telah request untuk incognito. Jadi sudah berjalan secara otomatis fasilitasnya untuk incognito," lanjut Reynold.

Kemudian saat berbincang bersama tim detikTravel, Reynold juga mengatakan bahwa layanan ini bersifat fleksibel tergantung permintaan tamu. Maksudnya, ketika di tengah-tengah masa menginap tamu tidak lagi ingin menggunakan layanan incognito, maka tamu dapat langsung mengatakannya.



Simak Video "Spot Foto-foto Lucu di Kafe, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA