Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Apr 2022 14:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tradisi Padusan di Awal Ramadan, Luweng Sampang Jadi Pilihan

Elyandra Widharta
d'Traveler
Luweng Sampang
Luweng Sampang
detikTravel Community -

Memasuki bulan suci Ramadhan, biasanya digelar tradisi Padusan atau mandi untuk membersihkan diri. Destinasi Luweng Sampang pun bisa jadi pilihan untuk Padusan.

Biasanya sebelum memasuki bulan suci Ramadhan dalam tradisi Jawa dilakukan Padusan. Padusan sering dilakukan di masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Tradisi Padusan sudah turun temurun dilakukan. Biasanya dilakukan dengan mandi berendam atau mandi di sumber mata air. Tradisi Padusan, sering kali dilakukan sehari sebelum menjalani ibadah puasa.

Padusan memiliki makna tentang membersihkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bagaiman jika Padusan dilakukan di sebuah spot sungai yang masih alami? Tentunya akan memiliki pengalaman yang lain.

Luweng Sampang salah satu destinasi wisata sungai yang masih alami. Terdapat di Kayen Sampang, Gedangsari Kabupaten Gunungkidul DIY, untuk mencapai tempat ini bisa melalui jalur Gedangsari Gunungkidul atau Gantiwarno Klaten karena terletak di perbatasan antara Gunungkidul dan Klaten.

Luweng Sampang berbentuk kikisan batu yang dibagian mengalir air jernih yang dari hulu seperti membelah bebatuan di samping kiri kananya. Airnya cukup bening dan mengalir sampai ke sungai bagian hilir.

Tempat ini memiliki pesona yang eksotis sebagai tujuan wisata yang menyukai kesegaran yang masih alami. Bagi yang akan melaksankan Tradisi Padusan sebentar lagi, Luweng Sampang bisa menjadi alternatif pilihan menarik.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA