Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Okt 2014 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Duh! Ada Vandalisme di Dinding Goa Batu Cermin

Coretan tangan di dalam Goa Batu Cermin, Labuan Bajo (Sastri/detikTravel)
Coretan tangan di dalam Goa Batu Cermin, Labuan Bajo (Sastri/detikTravel)
Labuan Bajo - Tindak vandalisme masih saja ditemukan di tempat wisata. Di Goa Batu Cermin, Labuan Bajo misalnya, terdapat coretan tangan di permukaan dinding gua. Padahal, gua itu punya sejarah yang sangat panjang dari ribuan tahun silam.

Goa Batu Cermin adalah destinasi wisata alam yang terletak di Wae Sambi, Labuan Bajo, Flores. Gua ini biasa menjadi perhentian traveler saat menjelajah Taman Nasional Komodo.

Goa dan lanskap di sekitarnya menjadi bukti Labuan Bajo ribuan tahun lalu berada di bawah laut. Batu karang mendominasi lanskap sekitar, ada pula fosil ikan dan penyu di dinding gua. Bahkan, gua ini disebut-sebut pernah menjadi tempat bersembunyi warga lokal pada zaman kolonial.

Namun siapa sangka, goa tersebut rupanya tak luput dari tangan-tangan jahil. Di bagian dalam goa terdapat coretan tangan yang terpatri di bagian dinding. Padahal dinding tersebut dipenuhi batu-batu bersinar mirip kristal, karena tingkat kandungan mineral yang tinggi.

Hal tersebut ditemukan detikTravel saat menyambangi Goa Batu Cermin, saat media tour bersama PT Pelni (Persero) beberapa waktu lalu. Coretan tersebut terdapat di bagian dalam gua, tepatnya di bagian mirip ruangan besar.

Coretan tersebut tampak ditulis menggunakan spidol hitam. Tampak tulisan '1-1-2008' dan nama 2 orang, pria dan wanita. Tampaknya itu adalah tanggal jadian mereka.

"Ini ada vandalisme, parah betul," tutur Ivan, tour guide yang menemani detikTravel sambil menunjuk ke arah coretan tersebut.

Hal ini tentunya sangat disayangkan, mengingat Goa Batu Cermin adalah bukti tenggelamnya Labuan Bajo di masa lampau. Vandalisme, di tempat manapun adalah perbuatan buruk yang tak boleh ditiru!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED