Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Apr 2015 17:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Jauh dari Cirebon, Ada Kolam Berisi Ikan Dewa!

Traveler dicium Ikan Dewa di Kuningan, Jawa Barat (Rangga Yudhika/d'Traveler)
Kuningan - Jika traveler sudah puas berkeliling di Cirebon, Jawa Barat, jangan langsung pulang. Cobalah mampir ke Kuningan yang letaknya tak jauh dari Cirebon. Di sini, ada kolam yang isinya ikan keramat lho, namanya Ikan Dewa.

Ikan Dewa bisa ditemukan di objek wisata kolam renang Cibulan. Lokasinya ada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. Dalam objek wisata ini, ada kolam renang yang berisi banyak Ikan Dewa. detikTravel pernah berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Cibulan diresmikan tanggal 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan. Di dalam objek wisata ini dibangun 2 kolam besar berbentuk persegi panjang.

Bedanya kolam di Cibulan dengan kolam di tempat lain adalah isinya. Ada banyak sekali Ikan Kancra Bodas atau lebih dikenal dengan nama Ikan Dewa. Traveler bisa berenang bersama Ikan Dewa di sini, bahkan bisa dicium ikan itu lho!

Konon, Ikan Dewa adalah jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi. Jumlah ikan yang ada di kolam diyakini tidak pernah berkurang atau bertambah, selalu sama. Siapapun yang menyentuh ikan juga dipercaya akan mendapat keberkahan.

Selain menyentuh, orang-orang tidak ada yang berani mengambil ikan untuk dimakan atau dipelihara di rumah. Warga setempat meyakini kalau menganggu Ikan Dewa, maka akan tertimpa bencana. Air kolam ini pun tergolong sejuk karena mata airnya langsung keluar dari dasar kolam yang paling dalam.

"Airnya segar, enggak kayak air kolam renang. Enggak ada kaporit, soalnya langsung dari mata air. Mata air ada di bagian kolam yang dalam. Mata airnya langsung dari situ," ujar Dhani, seorang traveler yang pernah berkunjung ke Cibulan, dalam wawancara dengan detikTravel, Kamis (2/4/2015).

Dhani juga menyebutkan bahwa selain kolam, di Cibulan ada 7 sumber mata air yang juga dianggap keramat oleh warga setempat. Sumber mata air keramat ini letaknya tak jauh dari 2 kolam yang berisi Ikan Dewa.

Masing-masing sumur memiliki nama tersendiri, yaitu Sumur Kejayaan, Pengabulan, Kemuliaan, Pengabulan, Cirancana, Cisadane, Keselamatan dan Kemudahan. Ketujuh mata air itu mengelilingi petilasan. Petilasan itu diyakini sebagai tempat Prabu Siliwangi beristirahat.

Memang banyak sekali kisah-kisah yang tersimpan di objek wisata Cibulan ini. Traveler pun banyak yang tertarik untuk berkunjung. Selain bisa melihat Ikan Dewa, suasana alam di Cibulan memang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

"Tempatnya enak banget. Terus kita bisa megang-megang ikan juga deh. Senang banget kalau bawa anak-anak ke situ," tambah Dhani.

Nah, jika Anda ingin bertemu Ikan Dewa dan merasakan kesegaran objek wisata Cibulan, langsung saja datang bersama keluarga atau sahabat. Cibulan buka setiap hari pukul 07.00-17.00. Tiket masuknya Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 12 ribu untuk anak-anak.

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA