Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Apr 2019 17:24 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kota Perth, Tempat Liburan Paling Semarak di Australia Barat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Suasana di Elizabeth Quay, Kota Perth (Masaul/detikcom)
Suasana di Elizabeth Quay, Kota Perth (Masaul/detikcom)
Perth - Kota Perth di Australia Barat adalah destinasi yang begitu seru dan semarak. Dari pagi sampai malam, banyak keceriaan yang bisa dinikmati para wisatawan.

Itulah yang dirasakan detikcom ketika berkeliling Kota Perth di Australia Barat dari tanggal 21-27 Maret 2019. Kota Perth ternyata tidak jauh dari Indonesia dan mudah dijangkau.

Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan sampai ke Perth. Dari Jakarta ada Garuda Indonesia terbang langsung tiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Ada Qantas setiap hari via Sydney, lalu via Singapura ada Singapore Airlines setiap hari dan Scoot pada Senin, Rabu, Jumat, Minggu, AirAsia setiap hari via Kuala Lumpur atau Denpasar.

Sedangkan dari Bali ada Garuda Indonesia, Jestar dan AirAsia terbang langsung setiap hari ke Perth. Sedangkan Qantas terbang tiap hari via Sydney. Australia Barat begitu mudah dijangkau dari Indonesia. Dari Bandara Perth, nanti ada bus Transperth nomor 380, nomor 40 dan nomor 935 yang akan mengantar kita ke pusat Kota Perth.

Kereta di Perth yang rapi (Masaul/detikcom)Kereta di Perth yang rapi (Masaul/detikcom) Foto: undefined

Kota Perth rupanya sedang dalam transformasi besar-besaran. Begitu banyak pembaruan, mulai dari hotel hingga yang lainnya untuk mendukung pariwisata. Dari data yang dihimpun detikcom, Perth diproyeksikan berkembang pesat selama lima tahun ke depan dengan adanya hotel baru. Citra Kota Perth yang terus positif mampu menarik investor hotel internasional.

Ada Double Tree by Hilton di Elizabeth Quay, lalu ada Ritz Carlton juga di kawasan sama dengan 204 kamar dan 379 unit apartemen, disusul Hotel Westin yang menggantikan FESA House dengan 350 kamar. Tak hanya itu, ada pula Crown Towers Perth di sisi Sungai Swan yang digadang menjadi salah satu hotel terbaik di Australia. Ada 500 kamar dengan pelayanan bintang enam.

Hingga akhir 2018, setidaknya ada 41 hotel baru di Perth dan sekitarnya dengan jumlah mencapai 5.871 kamar. Sedang hotel yang direnovasi dan sejenisnya mencapai 53 buah dengan jumlah kamar mencapai 6.401 unit.

BACA JUGA: Perth, Tempat Wisata Terbaik di Australia Barat

Perth memiliki begitu banyak warga yang kreatif di bidang kuliner demi memajukan kotanya. Banyak resto, cafe dan bakery baru yang bermunculan. Ada toko Pretzel yang menawakan kue berbagai topping. Lalu ada Corica Pastries di kawasan Northbridge yang terkenal dengan apple struddle-nya. Kemudian ada Toastface Grillah di Grand Lane, kafe spesialis gourme grilled cheese sandwich dengan aneka minuman pendamping berupa kopi.

Lalu ada Koko Black yang populer dengan minuman cokelat dan aneka hidangan penutup. Terakhir yang perlu dicoba yakni Wildflower di atap gedung COMO The Treasury di kawasan sentra bisnis Perth yang menyajikan menu kontemporer hasil pertanian setempat.

Tempat wisata di Perth begitu banyak yang lengkap. Wisatawan bisa menikmati kota ini sejak pagi buta sampai larut malam. Begitu banyak ruang terbuka publik yang bisa dinikmati para traveler.

1. Elizabeth Quay

Bagi traveler yang pertama kali datang ke Perth musti mengunjungi Elizabeth Quay. Lokasinya ada di jantung kota. Proyek di Elizabeth Quay dari pemerintah akan mengubah Swan River yang ikonik. Itu untuk meningkatkan reputasi Perth sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia.

Elizabeth Quay adalah satu kawasan yang lengkap dan tertata rapi, ada taman lengkap dengan fasilitasnya, ada wahana bermain anak dengan air mancur dan sederet kafe.

Di Elizabeth Quay juga terdapat kios agen travel lokal yang melayani perjalanan ke Rottnest Island dan pusat penjemputan turis. Sebagai pusatnya Perth, Elizabeth Quay memiliki Bell Tower yang bersejarah dan menjadi salah satu ikonnya juga spot foto instagramable.

Tak lupa kamu bisa memesan segway di kios agen travel di sini untuk tur keliling kota. Di beberapa titik juga ada sumber air bersih yang bisa diminum langsung. Wisata keluarga di Perth, inilah tempatnya.

BACA JUGA: Inilah Waktu Terbaik Mengunjungi Australia Barat


2. Kings Park

Kings Park yang nyaman (Masaul/detikcom)Kings Park yang nyaman (Masaul/detikcom)


Inilah taman kota terbesar di dunia. Kings Park telah mengalahkan besarnya Central Park New York, AS. Kings Park memiliki parkir yang luas untuk mobil dan akses transportasi yang teerbilang memadai. Anda bisa mengaksesnya menggunkaan Bus Central Area Transport (CAT) yang gratis di pusat kota.

Begitu banyak atraksi di sini. Kamu yang mau mengunjunginya dijamin tidak cukup satu-dua jam berkeliling. Ada pojok kuliner yang disediakan untuk pengunjung, ada gazebo-gazebo untuk meneduh, tempat duduk yang nyaman, rumput yang bersih dan spot-spot foto yang dijamin instagramable pula.

Kings Park menyatu dengan kawasan Western Australian Botanic Garden. Lanskap Kota Perth akan terlihat cantik dari taman ini. Jika terasa lelah, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling di jalur yang disediakan. Karena tak setiap pedestriannya boleh dilewati sepeda.

Salah satu tempat spesial di Kings Park adalah melihat pemandangan Kota Perth dan jembatan yang melayang di antara pepohonan yang disebut Walkway dan dibuka dari pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat. Ini akan jadi pengalaman terbaik Anda mengunjunginya sebuah taman kota.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Favorit di Australia Barat

3. Yagan Square

Suasana di Yagan Square (Masaul/detikcom)Suasana di Yagan Square (Masaul/detikcom)

Yagan Square adalah ruang terbuka publik yang nyaman dikunjungi bila Anda ke Perth. Kawasan ini menghubungkan CBD Perth dengan Northbridge. Letak Yagan Square tak jauh dari Jembatan Horseshoe. Juga ruang terbuka publik ini terintegrasi dengan Stasiun dan Terminal Bus Perth.

Yagan Square terinspirasi alam Australia Barat yang memiliki ruang publik terpadu dengan taman asri, pasar yang menjual produk lokal, restoran, bar dan kafe hingga terdapat amfiteater yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik di siang maupun malam.

4. Perth Mint Museum

Perth Mint Museum (Masaul/detikcom)Perth Mint Museum (Masaul/detikcom)

Perth Mint adalah perusahaan logam mulia terbesar di Australia. Perusahaan ini menyediakan produk dan layanan jual beli emas, perak dan platinum premium ke pasar di seluruh dunia.

Perth Mint Museum menyimpan emas seberat 1 ton yang bernilai AUD 50 juta. Nilai yang fantastis bukan? Dan di dalamnya ada toko suvenir emas asli juga pernak-pernik lainnya.

Kamu yang datang ke Perth Mint Museum bisa menikmati tur dengan pemandu yang berpengalaman. Durasinya sekitar setengah jam yang menceritakan tentang perkembangan emas di Australia juga dunia, melihat emas seberat 1 ton dan di akhir perjalanan dapat melihat proses pembuatan emas batangan.

Tur di Perth Mint Museum diadakan setiap hari kecuali hari Minggu dari pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya tiketnya sebesar AUD 19 (Rp 192 ribu) untuk dewasa.

BACA JUGA: Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia

5. Twilight Hawkers Market

Suasana di Twilight Hawkers Market (Masaul/detikcom)Suasana di Twilight Hawkers Market (Masaul/detikcom)

Makin sore, Kota Perth semakin terasa semaraknya. Senja hari adalah waktu yang sempurna untuk datang ke Twilight Hawkers Market. Twilight Hawkers Market adalah pasar street food asli dan terbesar di Perth. Di sini ada makanan paling lezat dari seluruh dunia dan dibawa ke jantung kota.

Tempat wisata di Australia Barat yang satu ini tidak boleh dilewatkan, berlangsung mulai pukul 16.00 setiap Jumat. Terletak di Forrest Place dekat Murray Street, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda menikmati makanan lezat dan malam yang nyaman.

Sebagaimana street food di manapun berada, Twilight Hawkers Market menyediakan makanan yang murah. Bagi traveler muslim juga ada makanan halal yang disediakan penjual dari Singapura dan Malaysia, Maroko hingga Turki, seperti kuliner sate hingga kebab.

Twilight Hawkers Market juga memiliki panggung musik. Saat detikcom mengunjunginya, pasar jajanan malam ini amat ramai pengunjung. Kehidupan malam di Perth untuk berbelanja di tiap malam Jumat cukup ramai. Jalanan di Murray dan Hay yang penuh pertokoan masih ramai akan turis dan warga lokal.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

6. Wisata belanja malam hari di Perth

Tempat belanja di Perth (Masaul/detikcom)Tempat belanja di Perth (Masaul/detikcom)

Inilah pusat perbelanjaan terbaik di Perth. Lokasinya ada di Hay Street dan Murray Street. Toko-toko di Australia tutup pada pukul 17.00 tak terkecuali di Kota Perth. Namun, hiburan di kota ini akan mulai selepas jam tersebut.

Kamu masih bisa berbelanja di sana selepas pukul 17.00 hingga 21.00, namun ada lokasi dan hari tertentunya. Yakni, pusat perbelanjaan atau pertokoan di pinggiran kota di tiap Kamis dan di pusat kota di tiap hari Jumat.

Sejak pagi hari sampai malam, wisatawan bisa merasakan langsung betapa Perth adalah kota yang begitu hidup dan semarak. Sebuah hari yang biasa di Australia Barat, adalah sebuah hari yang luar biasa untuk para traveler dengan menghabiskan waktu di Kota Perth.


Kota Perth, Tempat Liburan Paling Semarak di Australia Barat
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED