Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mar 2019 17:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Perth, Tempat Wisata Terbaik di Australia Barat

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Pemandangan Kota Perth yang romantis (Tourism Western Australia)
Pemandangan Kota Perth yang romantis (Tourism Western Australia)
Jakarta - Perth adalah kota paling populer di Australia Barat yang dekat dari Indonesia. Destinasinya banyak dan bisa menjadi liburan menyenangkan untuk wisatawan.

Australia Barat adalah negara bagian Australia yang dekat dengan Indonesia. Kota Perth adalah pintu masuk ke Australia Barat.

Kota Perth tidak jauh dari Jakarta atau Bali. Ada banyak pilihan penerbangan ke Perth. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan. Seperti terbang ke Hong Kong dari Jakarta, dan bahkan lebih dekat daripada terbang ke Beijing atau Seoul. Pilihan maskapainya pun banyak, dari full service sampai maskapai bujet untuk terbang ke Australia Barat.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

Dari Jakarta ada Garuda Indonesia terbang langsung tiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Ada Qantas setiap hari via Sydney, lalu via Singapura ada Singapore Airlines setiap hari dan Scoot pada Senin, Rabu, Jumat, Minggu, AirAsia setiap hari via Kuala Lumpur atau Denpasar.

Sedangkan dari Bali ada Garuda Indonesia, Jestar dan AirAsia terbang langsung setiap hari ke Perth. Sedangkan Qantas terbang tiap hari via Sydney. Australia Barat begitu mudah dijangkau dari Indonesia. Dari Bandara Perth, nanti ada bus Transperth nomor 380, nomor 40 dan nomor 935 yang akan mengantar kita ke pusat Kota Perth.

(Tourism Western Australia)(Tourism Western Australia)

Mau jalan-jalan di Kota Perth, gampang kok! Keunggulan Perth dalam transportasi massal adalah kehadiran Bus Central Area Transport (CAT) yang gratis di pusat kota. Jalur Merah beroperasi di kawasan timur-barat dengan rute Queens Garden ke Outram Street. Jalur Biru beroperasi di kawasan utara-selatan dengan rute Barrack Street Jetty ke Northbridge. Jalur Kuning beroperasi di kawasan Perth timur-barat. Jalur Hijau di rute Stasiun Leederville dan Terminal Bus Elizabeth Quay melalui Stasiun City West.

Berkeliling Perth bisa dimulai dari pagi hari dengan berjalan-jalan di Kings Park yang berlokasi tak jauh dari CBD. Inilah taman kota terluas yang ada di Australia Barat dan Kings Park merupakan tempat favorit warga lokal untuk piknik. Dinaungi pepohonan yang rimbun, kamu bisa menggelar tikar dengan latar Sungai Swan dan Canning. Sungai Swan ini bisa disusuri juga lho naik feri dari Barrack Street Jetty.

Jika kamu berkunjung di Musim Semi, ada pertunjukan teater, konser musik, dan beragam atraksi lainnya di Kings Park. Di bulan September adalah waktunya bunga-bunga liar bermekaran di Kings Park dan Botanic Gardens Wildflower Festival dengan jumlah sekitar 3.000 spesies.

Tak hanya itu, Kings Park juga memiliki toko yang menjual beragam suvenir khas Australia Barat. Buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00. Pasti cocok di akhir kunjungan. Yang mau wisata keluarga di Australia Barat, maka Perth adalah tempatnya.

BACA JUGA: Inilah Waktu Terbaik Mengunjungi Australia Barat

Selain Kings Park, ada pula The Perth Mint. Ini adalah bekas tambang yang kini jadi museum dan menyimpan koin emas terbesar sedunia, yakni seberat 1 ton dan bernilai USD 50 juta.

Tempat favorit lainnya di Perth adalah Elizabeth Quay. Di sini juga menyajikan hiburan malam dan kuliner malam yang mumpuni karena berada di Sungai Swan dengan latar pencakar langit Kota Perth. Lokasi ini dapat Anda akses menggunakan kapal feri dari dermaga di Barrack Street.

Alternatif lain untuk menikmati Perth adalah kawasan Northbridge yang dapat diakses jalan kaki 5 menit dari CBD. Ada sederet tempat makan di sini. Ada wine bar, fasilitas hiburan malam, beragam event di waktu-waktu tertentu, pertunjukan seni dan museum. Di sini ada Perth's Cultural Centre yang memuat Art Gallery of Western Australia, Western Australia Museum, State Library, Perth Institute of Contemporary Arts dan State Theatre.

Untuk yang suka wisata belanja, Perth juga adalah tempat yang sempurna. Wisatawan bisa belanja barang fashion di King Street atau barang vintage di William Street, Northbridge. Di dekat Bandara International Perth juga ada Direct Factory Outlet yang ramai dengan barang branded.

BACA JUGA: Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia

Kota Perth punya banyak festival untuk para wisatawan penikmat budaya. Ada beberapa festival yang mesti didatangi wisatawan. Pada bulan Januari ada Fringe World Festival di Northbridge, Perth. Ini adalah acara tahunan terbesar dan terpopuler di Australia Barat dengan setiap tahunnya menampilkan sekitar 700 acara di lebih dari 130 tempat di seluruh Perth.

Inilah waktu terbaik untuk menjelajah tempat wisata di Perth saat musim panas yang penuh hiburan. Mulai dari komedi, sirkus, teater, kabaret, dan lain-lain dengan para pemain dari seluruh dunia akan meramaikan Perth.

Fringe World Festival (Tourism Western Australia)Fringe World Festival (Tourism Western Australia)

Jika wisatawan datang ke Australia Barat bulan Februari, ada Perth Festival. Ini adalah festival seni pertunjukan yang menampilkan banyak hal dari musik klasik, musik kontemporer, tarian, teater, opera, seni visual sampai karya publik berskala besar. Perth Festival juga mencakup Lotterywest Film Festival dan Perth Writers Festival.

Yang juga unik adalah adalah Sculpture by The Sea - Cottesloe 2019 di bulan Maret. Ini salah satu acara gratis terbesar di Perth yang mengubah Cottesloe Beach menjadi taman 70 patung dari para seniman di seluruh Australia dan dunia. Acara ini seru banget!

Sementara di akhir September sampai awal Oktober, ada IGA Perth Royal Show di Claremont. Adalah acara komunitas terbesar di Perth yang menarik 350.000 pengunjung dengan agenda penampilan pertanian Australia Barat, bisnis kecil dan hiburan. Festival pertanian ini jangan sampai terlewatkan oleh wisatawan. Di bulan Oktober juga ada Perth Marathon. Inilah acara lari tahunan yang menarik para atlet dari berbagai negara.

Western Australia Gourmet Escape (Tourism Western Australia)Western Australia Gourmet Escape (Tourism Western Australia)

Kota Perth juga menjadi bagian dari festival kuliner Western Australia Gourmet Escape di bulan November. Inilah festival kuliner yang berlangsung selama sepuluh hari di seluruh Swan Valley, Perth dan Margaret River dan ada pameran hasil bumi dan wine premium Australia Barat. Ini adalah festival wisata kuliner https://www.detik.com/tag/wisata-kuliner/ yang wisatawan harus datang ke sana.

Jika sudah puas menjelajah pusat Kota Perth, puas menikmati aneka festivalnya, ayo coba road trip simpel ke pinggiran kota Perth. Kamu bisa mencoba jalur road trip ke Swan Valley. Ini adalah kawasan pertanian penghasil anggur.

Destinasi ini berupa kawasan agrowisata penghasil anggur di Australia Barat. Cukup dekat dari pusat kota, yakni 30 menit melalui Great Eastern Highway.

Swan Valley dapat diakses menggunakan kereta dari Jalur Midland dan turun di Stasiun Guildford yang memiliki bangunan-bangunan tua. Kunjungilah tempat pembuatan wine di sini, seperti Sandalford Winery atau Coward and Black.

Pemandangan di Swan Valley (Tourism Western Australia)Pemandangan di Swan Valley (Tourism Western Australia)

Wisatawan bisa mencicipi wine yang ada di sana. Selain itu, mereka juga bisa belajar lebih tentang wine dan kemudian berbelanja hasilnya, juga makan yang padu dengan wine. Selain wine, Swan Valley adalah tempat untuk menikmati hasil pertanian lain dari Australia Barat seperti coklat, madu dan lain-lain.

Kamu bisa keluar masuk pertanian, melakukan agrowisata dan belanja produk pertanian seperti keju dan coklat dan tentunya menikmati pemandangan perkebunan anggur yang indah.

BACA JUGA: Hewan dan Bunga Khas Australia Barat, Serta Tempat Untuk Melihatnya

Mumpung lagi ada di Swan Valley, sekalian juga melihat kanguru dan koala. Kedua hewan ini bisa dinikmati sepanjang tahun di Caversham Wildlife Park yang buka sepanjang tahun.

Mereka punya koleksi kanguru dan wallaby dari beberapa spesies dan koala. Tapi tidak hanya itu, mereka punya juga hewan khas Australia lainnya seperti tasmanian devil, wombat, dingo dan burung emu. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di Australia Barat yang menjadi favorit.

Kanguru di Caversham Wildlife Park (Tourism Western Australia)Kanguru di Caversham Wildlife Park (Tourism Western Australia)

Bagi para muslim traveler, Perth adalah kota yang ramah muslim. Lebih dari 40 ribu Muslim bermukim di Perth. Tentunya, banyak tempat wisata dengan fasilitas penunjang keagamaan juga.

Di Perth, banyak restoran yang memiliki sertifikat Halal. Misalnya saja Chee Tayeb, bistro otektik modern ala Lebanon. Selain itu, dekat Victoria Park juga bisa mencoba restoran Sahara, dengan aneka sajian khas Timur Tengah. Kalau rindu hidangan Indonesia? Cobalah ke Tasik Indonesian Restaurant yang otentik dan lezat.

Kalau mau salat, ada Perth Mosque di William Street dan Perth City Musala di Trinity Arcade lantai 2, ruang 32. Ibadah lancar, liburan pun menjadi semakin menyenangkan.

Perth adalah sebuah destinasi yang lengkap. Ayo rencanakan liburan Anda bersama keluarga ke sana. Sebuah hari yang biasa di Perth dan Australia Barat, adalah sebuah hari yang sangat luar biasa untuk wisatawan. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA