Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Mar 2019 18:59 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hewan dan Bunga Khas Australia Barat, Serta Tempat Untuk Melihatnya

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Kanguru di Caversham Wildlife Park (Tourism Western Australia)
Kanguru di Caversham Wildlife Park (Tourism Western Australia)
Perth - Australia Barat adalah destinasi dengan fauna dan flora yang unik untuk dilihat wisatawan. Ayo berfoto dengan hewan unik dan bunga yang cantik!

Australia punya hewan-hewan dan flora yang khas. Wisatawan pasti tahu kanguru dan koala, namun Australia punya lebih banyak dari itu. Begitu pula Australia Barat yang begitu dekat dengan Indonesia. Cuma butuh terbang dari Jakarta 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit, kita bisa wisata keluarga di Australia Barat dan berjumpa dengan hewan-hewan dan flora uniknya.

Asyiknya adalah, flora dan fauna Australia Barat bisa dinikmati sepanjang tahun dengan ciri khas berbeda di setiap musimnya. Data dari Tourism Western Australia, Mereka memiliki Nature Calendar yang bisa menjadi patokan bagi wisatawan untuk melihat flora dan bercengkrama dengan fauna khas Australia Barat:

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

1. Yang bisa dinikmati sepanjang tahun

Gambar hewan khas Australia yang diingat traveler adalah Kanguru dan Koala. Kedua hewan ini bisa dinikmati sepanjang tahun di Caversham Wildlife Park di luar Kota Perth, Australia Barat yang buka sepanjang tahun.

Mereka punya koleksi kanguru dan wallaby dari beberapa spesies dan koala. Tapi tidak hanya itu, mereka punya juga hewan khas Australia lainnya seperti tasmanian devil, wombat, dingo dan burung emu. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di Australia Barat yang menjadi favorit.

Namun menikmati hewan khas Australia di habitat aslinya bisa kok. Hewan Quokka yang mirip tikus besar berwajah lucu, bisa dinikmati wisatawan sepanjang tahun di Rottnest Island. Sisanya adalah hewan-hewan laut yang menarik untuk dijumpai.

Ikan paus dari berbagai spesies bisa dinikmati sepanjang tahun di Australia Barat. Dari Januari sampai Maret wisatawan bisa melihat paus pembunuh (Orca) di Bremer Bay. Dari Mei sampai Desember, paus bungkus, paus biru yang langka berpindah dari South West ke Kimberley Coast. Banyak operator tur menawarkan paket menonton paus.

Hewan Khas Australia Barat, Bunga dan Tempat Untuk MelihatnyaUnta di Broome (Tourism Western Australia)
Lumba-lumba hidung botol juga bisa dijumpai sepanjang tahun terutama dari September sampai Juni di Rockingham, Mandurah, Bunbury dan Monkey Mia. Australia Barat juga punya anjing laut dan singa laut. Mereka bisa kelihatan di pantai-pantai yang ada di Perth, Jurien Bay, Albany dan Esperance. Sementara di Coral Bay, wisatawan bisa sambil diving berjumpa dengan manta.

Satu hal yang tidak diduga, tempat wisata di Australia Barat punya unta di Broome. Unta ini dulunya dibawa dari Timur Tengah untuk membantu peternakan di Australia. Namun kini unta menjadi atraksi wisata yang ditawarkan Broome dengan kegiatan camel ride.

2. Musim Semi

Hewan Khas Australia Barat, Bunga dan Tempat Untuk MelihatnyaBunga Eucalyptus (Tourism Western Australia)
Musim semi di Australia Barat berlangsung dari September-November. Ini adalah waktu yang sempurna untuk menikmati bunga-bunga liar di Australia Barat. Meski begitu, musim bunga sudah mulai sejak Juni di Australia Barat bagian utara dan bergeser ke selatan sampai 6 bulan. Dimulai dengan festival jamur truffle hitam di Manjimup pada bulan Juni.

September adalah puncak bunga-bunga mekar di Kings Park, Kota Perth dan ada festival bunga musim semi di sana. Sementara kalau ingin melihat bunga liar di alam bebas, Taman Nasional Karijini di Pilbara adalah tempatnya. Ingat, bunganya tidak boleh dipetik ya!

Musim semi juga adalah musimnya migrasi burung. Tempat terbaik untuk melihatnya adalah di Roebuck Bay di Broome. 175 ribu burung ada di sana dan mereka lalu akan migrasi ke Arctic untuk berkembang biak di musim panas. Musim semi adalah waktu yang paling spesial untuk menikmati flora dan fauna Australia Barat.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Favorit di Australia Barat

3. Musim Panas

Hewan Khas Australia Barat, Bunga dan Tempat Untuk MelihatnyaQuokka di Rottnest Island (Tourism Western Australia)
Di musim panas dari Desember sampai Februari, wisatawan masih bisa berwisata melihat paus, lumba-lumba, anjing laut, singa laut, manta dan quokka. Namun ada sahabat baru di sini yaitu penyu. Musim panas adalah saat terbaik untuk wisata melihat penyu.

Ningaloo Reef yang menjadi Situs Warisan Dunia adalah habitat penyu hijau, loggerhead, paruh elang dan punggung rata. Musim panas adalah waktunya penyu kawin dan bertelur di pantai. Ada banyak paket wisata untuk melihat penyu bertelur di sana.

Musim panas adalah juga waktu yang tepat untuk melihat penguin di Rockingham. Di sana ada Penguin Island, dimana wisatawan bisa melihat penguin Australia.

4. Musim Gugur

Hewan Khas Australia Barat, Bunga dan Tempat Untuk MelihatnyaPaus bungkuk di Dunsborough (Tourism Western Australia)
Musim gugur di Australia Barat berlangsung pada Maret sampai Mei. Wisatawan tetap bisa berwisata melihat paus, lumba-lumba, anjing laut, singa laut, manta dan quokka. Yang berbeda di musim ini adalah di Ninggaloo Reef, ini adalah musimnya 200 spesies terumbu karang menumbuhkan polip.

Selain itu, Ninggaloo Reef akan ada hiu paus. Wisata melihat hiu paus menjadi daya tarik utama di Ninggaloo Reef pada musim gugur.

5. Musim Dingin

Hewan Khas Australia Barat, Bunga dan Tempat Untuk MelihatnyaLumba-lumba di Monkey Mia (Tourism Western Australia)
Bulan Juni dan Agustus adalah musim dingin di Australia Barat. Namun musim ini dinikmati dengan unik. Tempat wisata di Australia Barat bagian selatan menjadi kawasan yang lebih dingin. Sementara itu di utara sudah mengalami musim semi duluan.

Bunga-bunga liar akan bermekaran di Pilbara, Goldfields dan Coral Coast. Kemudian, musim jamur truffle akan dimulai untuk dipanen di Manjimup. Ikan paus akan menghilang sebentar. Sementara wisatawan tetap bisa melihat lumba-lumba, manta, anjing laut, singa laut, quokka dan hiu paus.

Itulah keistimewaan flora dan fauna di Australia Barat dengan ciri khas yang berbeda di setiap musimnya. Terserah wisatawan, mau menikmati musim apa di Australia Barat. Hewan-hewan dan bunga-bunganya tentu berbeda pula. Satu hari yang biasa di Australia Barat, adalah satu hari yang luar biasa untuk wisatawan ketika menikmati flora dan fauna di sana.

Mau tahu lebih lanjut? Simak informasinya di sini.


(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA