Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Mar 2019 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Waktu Terbaik Mengunjungi Australia Barat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Fringe World Festival (Tourism Western Australia)
Fringe World Festival (Tourism Western Australia)
Jakarta - Jangan bingung kalau mau liburan ke Australia Barat. Tempat ini bisa dikunjungi sepanjang tahun. Setiap musimnya punya festival dan event tahunan yang menarik.

Australia Barat adalah negara bagian Australia yang begitu dekat dengan Indonesia. Kota Perth adalah gerbang masuk untuk menjelajahi Australia Barat dan dekat dari Jakarta, apalagi Bali. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan dengan banyak pilihan maskapai dari yang bujet sampai full service menuju ke Australia Barat.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Australia Barat yang Menakjubkan

Dihimpun detikcom dari Tourism Western Australia, Minggu (17/3/2019), tempat wisata di Australia Barat begitu banyak, menakjubkan dan tersebar di beberapa kota. Wisatawan bersama keluarganya bisa liburan ke Australia Barat sepanjang tahun.

Dari bulan Januari sampai Desember akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan untuk wisatawan. Setiap musimnya selalu punya suasana berbeda dan masyarakat Australia Barat menyambut setiap musim dengan aneka festival yang menarik untuk dinikmati wisatawan.

Awal tahun adalah musim panas dari Desember sampai Februari. Suhu berkisar dari 17-30°C. Musim panas ramai dengan festival di mana semua orang menikmati waktunya di luar ruangan. Maret-Mei masuk ke musim gugur, suhunya antara 13-26°C. Musim Gugur kebanyakan cerah dan hangat di siang hari serta malam yang sejuk dan terkadang hujan. Musim gugur banyak festival seni dan kuliner.

Musim dingin akan berlangsung Juni-Agustus, cukup sejuk dan basah dengan suhu berkisar antara 8-19°C. Terkadang terjadi badai, yang ditandai dengan hujan lebat dan badai petir. Australia Barat akan diwarnai dengan festival otomotif atau festival seni. Musim semi bulan September-November suhunya antara 11-23°C. Australia Barat akan bertabur bunga cantik bermekaran. Festival-festival pertanian dan kuliner bisa menjadi pilihan untuk dinikmati wisatawan.

BACA JUGA: Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia

Bagaimana selengkapnya? Ayo kita mulai dari Januari:

1. Januari


Fringe World Festival (Tourism Western Australia)


Liburan ke Australia Barat di awal tahun, kenapa tidak? Pada bulan Januari akan ada acara tahunan musim panas Fringe World Festival 2020, yang rencananya digelar tanggal 17 Januari 2020 mendatang di Northbridge, Perth. Ini adalah acara tahunan terbesar dan terpopuler di Australia Barat dengan setiap tahunnya menampilkan sekitar 700 acara di lebih dari 130 tempat di seluruh Perth.

Inilah waktu terbaik tahun untuk menjelajah tempat wisata di Perth saat musim panas yang penuh hiburan. Mulai dari komedi, sirkus, teater, kabaret, dan lain-lain dengan para pemain dari seluruh dunia akan meramaikan Perth.

2. Februari

Perth Festival (jessicawyld/perthfest/Instagram)


Jika wisatawan datang ke Australia Barat bulan Februari, mereka berkesempatan melihat Perth Festival yang digelar 8 Februari - 3 Maret 2020 nanti. Ini adalah festival seni pertunjukan yang menampilkan banyak hal dari musik klasik, musik kontemporer, tarian, teater, opera, seni visual sampai karya publik berskala besar.

Perth Festival juga mencakup Lotterywest Film Festival dan Perth Writers Festival. Sementara di alam bebas, saat musim panas ini wisatawan bisa melihat penyu hijau, loggerhead, paruh elang dan punggung rata di Ningaloo Reef. Musim panas adalah waktunya penyu kawin dan bertelur di pantai. Ada banyak paket wisata untuk melihat penyu bertelur di sana. Musim panas adalah juga waktu yang tepat untuk melihat penguin di Penguin Island, Rockingham.

3. Maret

Foto: undefined


Maret sudah mulai masuk musim gugur, jika traveling ke Australia Barat di bulan Maret, jangan lewatkan Channel Seven Mandurah Crab Fest tanggal 16 Maret 2019 di Mandurah. Adalah festival untuk merayakan kepiting manna biru, menarik lebih dari 100.000 orang ke Pantai Mandurah di akhir pekan diselingi wisata kuliner, gourmet, bir, wine dan pertunjukan seni, hiburan anak-anak hingga kembang api.

Livelighter Harvey Harvest Festival juga digelar tanggal 17 Maret 2019. Suasana ala Italia akan ada di acara ini yang menawarkan pesta seni, budaya, makanan, anggur dan pasar dadakan.

Yang paling populer adalah Sculpture by The Sea - Cottesloe 2019 tanggaal 1-18 Maret di Cottesloe. Salah satu acara gratis terbesar di Perth yang mengubah Cottesloe Beach menjadi taman 70 patung dari para seniman di seluruh Australia dan dunia. Acara ini seru banget!

4. April

Bulan April juga menjadi momen berkunjung yang asyik di Australia Barat. Ada Field of Light: Avenue of Honour tanggal 4 Oktober 2018-25 April 2019 di Albany. Adalah instalasi seni bola bersinar sebanyak 14 ribu diciptakan oleh seniman internasional Bruce Munro yang melambangkan keindahan, pengorbanan, keberanian, harapan dan kehormatan.

Taste Great Southern juga digelar tanggal 4 April 2019 di Albany. Selama 14 tahun, festival yang berlangsung selama 11 hari ini menawarkan 20 rangkaian pengalaman kuliner.

Goldfields KidsFest tanggal 13-14 April 2019 diadakan di Kalgoorlie. Adalah festival yang tidak boleh dilewatkan oleh anak di bawah 12 tahun karena ada hiburan, aktivitas dan olahraga yang mengasyikkan juga gratis khusus untuk anak di bawah 12 tahun.

The Karijini Experience tanggal 16-21 April 2019 digelar di Karijini. Adalah perayaan budaya di Taman Nasional Karijini yang menyajikan suasana perayaan seni dan budaya yang unik. Di Kota Fremantle tanggal 19-22 April 2019 akan ada Fremantle Street Arts Festival, turis dapat menikmati musik, komedi, sirkus di dalam dan luar ruangan.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Favorit di Australia Barat

5. Mei

Unearthed Pemberton Festival 2019 akan diadakan tanggal 3 Mei 2019 di Southern Forests, Pemberton. Acara ini menghadirkan serangkaian studio terbuka dengan kuliner, mengicipi wine, petualangan dan seni.

Ada juga Roelands Village Festival 2019 tanggal 4 Mei 2019 di Roelands. Datang dan bergabunglah dengan acara seni dan kerajinan lokal, berkebun, kegiatan anak-anak dan berjalan-jalan di antara semak belukar, kegiatan budaya dan kuliner. Airnorth Cable Beach Polo 2019 tanggal 18-19 Mei 2019 di Broome. Inilah polo pantai yang unik juga jarang ada di dunia.

Argyle Diamonds Ord Valley Muster tanggal 17-26 Mei 2019 di Kununurra juga unik. Memasuki tahun ke-19, festival ini akan menampilkan lebih dari 30 acara dalam 10 hari, seperti komedi, seni, rodeo, musik, makan di bawah bintang-bintang, perahu yoga dan banyak lagi.

Ningaloo Whale Shark Festival 2019 tanggal 24-27 Mei 2019 di Exmouth, adalah acara tahunan yang diadakan di dan sekitar Kota Exmouth pada bulan Mei, untuk merayakan migrasi hiu paus tahunan ke wilayah tersebut. Musim gugur adalah momen untuk melihat hiu paus.

Denmark Festival of Voice tanggal 31 Mei-3 Juni 2019 di Kota Denmark adalah festival yang diadakan setiap tahun selama akhir pekan Juni dengan ratusan orang berkumpul untuk menonton, mendengarkan, belajar, tertawa, berbagi cerita dan menyanyikan lagu-lagu mereka tiap tahunnya.

Jazz by the Bay tanggal 31 Mei-3 Juni 2019 di Dunsborough adalah tempat pas untuk menikmati jazz di tDunsborough, Busselton dan Margaret River dengan pusat festival di Lions Park di mana ada konser gratis pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 10.00.

BACA JUGA: Hewan dan Bunga Khas Australia Barat, Serta Tempat Untuk Melihatnya

6. Juni

Memasuki musim dingin ada LiveLighter Pinjarra Festival 2018 tanggal 1-2 Juni 2019 di Pinjarra. Kumpulkan keluarga dan pergilah ke Pinjarra di akhir pekan karena ada sederet aksi, aktivitas, dan atraksi yang menarik.

Musim dingin juga momennya untuk festival otomotif untuk wisatawan yang suka motor dan mobil. Ada Albany Classic Motor Event Mount Clarence Hill Climb tanggal 1 Juni 2019. Peragaan ulang Hill Climb tahun 1957 yang melibatkan mobil klasik menghadapi tantangan berupa jalan memutar ke puncak. Albany Classic Motor Event digelar tanggal 2 Juni 2019 di Albany. Balapan 'Round the Houses' pertama di Australia yang diadakan di Albany, Australia Barat.

7. Juli

Cabin Fever (margaretriver.com)


Liburan musim dingin di Australia Barat bulan Juli, jangan lewatkan Cabin Fever Festival 2019 tanggal 19-28 Juli 2019 di Margaret River. Ini adalah petualangan musim dingin 10 hari, sarat dengan acara unik untuk pecinta makanan langka, anggur lokal, dan musik.

8. Agustus

CinefestOZ Film Festival (cinefestoz.com)


Musim dingin juga banyak festival dalam ruangan. Inilah saatnya CinefestOZ Film Festival tanggal 28 Agustus 2019 di Busselton. Ini adalah festival film di Australia Barat. Festival ini menggabungkan beberapa lokasi paling indah di Australia, anggur Margaret River kelas dunia dan makanan segar yang lezat.

9. September


IGA Perth Royal Show (perthroyalshow/Instagram)


Mengawali musim semi di Australia Barat ada Shinju Matsuri 2019 tanggal 7-15 September 2019 di Broome. Shinju Matsuri adalah festival tentang Broome dan wilayah Kimberley. Ada pameran seni, makanan, komunitas dan budaya dari berbagai acara selama 9 hari di Shinju Matsuri.

Yang paling populer dan akbar di bulan ini adalah IGA Perth Royal Show tanggal 28 September-5 Oktober di Claremont. Adalah acara komunitas terbesar di Perth yang menarik 350.000 pengunjung dengan agenda penampilan pertanian Australia Barat, bisnis kecil dan hiburan. Festival pertanian ini jangan sampai terlewatkan oleh wisatawan.

10. Oktober

Musim Semi adalah pemanasan untuk menikmati suasana outdoor yang menyenangkan. Inilah momennya wisata olahraga dengan digelarnya Perth Marathon pada 6 Oktober 2019. Inilah acara lari tahunan yang menarik para atlet dari berbagai negara.

Bulan Oktober juga momennya untuk melihat penguin, lumba-lumba, migrasi paus dan bunga liar bermekaran di Australia Barat. Komplit!

11. November

Western Australia Gourmet Escape (Tourism Western Australia)


Western Australia Gourmet Escape presented by Westpac tanggal 8-17 November 2019 diadakan di Redgate. Inilah festival kuliner yang berlangsung selama sepuluh hari di seluruh Swan Valley, Perth dan Margaret River dan ada pameran hasil bumi dan wine premium Australia Barat. Ini adalah festival wisata kuliner yang wisatawan harus datang ke sana.

12. Desember

Liburan akhir tahun di Australia Barat juga bisa menjadi pilihan istimewa untuk wisatawan Indonesia. Mereka yang merayakan Natal, bisa sekalian melakukannya di Australia Barat. Natal dirayakan saat musim panas di Australia Barat.

Sepanjang bulan, kemeriahan lampu Natal akan menghias berbagai kota di Australia Barat termasuk di Perth. Puncaknya adalah momen Hari Raya Natal pada 25 Desember.

Itulah segala kemeriahan di Australia Barat sepanjang tahun. Aneka tempat wisata di Australia Barat memiliki momen istimewa masing-masing. Traveler bisa mengajak famili untuk wisata keluarga di Australia Barat. Karena, sebuah hari yang biasa di Australia Barat, adalah hari yang begitu istimewa untuk para traveler.

Mau tahu lebih lanjut? Simak informasinya di sini.

(msl/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA