Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Apr 2019 22:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Situs Bersejarah Dekat Jalan Raya Semarang-Yogyakarta, Apa Ya?

Aji Kusuma
detikTravel
Foto: (Aji Kusuma/detikcom)
Foto: (Aji Kusuma/detikcom)
Semarang - Liburan di Semarang, ada objek wisata sejarah yang menarik. Inilah Situs Yoni Bedono, peninggalan Mataram kuno

Bisa dikatakan jalan raya Semarang-Yogyakarta adalah jalur sejarah. Sebab di sepanjang jalur tersebar begitu banyak tempat yang menyimpan nilai-nilai historis, baik pada era prasejarah maupun era peperangan melawan Belanda.

Salah satu lokasi sejarah yang menarik dikunjungi adalah Situs Yoni Bedono. Berada di sekitaran Pasar Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, situs peninggalan era Mataram kuno itu masih berdiri kokoh.

Keberadaan pintu gerbang situs sangat dekat dengan jalan menuju Pasar Bedono. Sementara itu, bagian sekitaran situs juga sangat dekat dengan rumah warga setempat.

Situs Bersejarah Dekat Jalan Raya Semarang-Yogyakarta, Apa Ya?Foto: (Aji Kusuma/detikcom)



detikcom berkunjung kemari pada Kamis (11/4/2019). Keberadaan Situs Yoni Bedono cukup terawat, pagar tembok yang mengitari situs menandai bahwa areal tersebut dilindungi sebagai warisan cagar budaya. Namun pada bagian depan situs saat ini sedang diperbaiki karena tertimpa runtuhan pohon.

BACA JUGA: 6 Spot Instagramable di Semarang yang Harus Dikunjungi

Melansir laman repositori budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, definisi Yoni merupakan perlambang kesuburan. Oleh sebab itu, penggunaan yang paling banyak adalah yang dikaitkan dengan kesuburan lahan.

 (Aji Kusuma/detikcom) (Aji Kusuma/detikcom)


Sehingga sebaran Yoni banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah yang dikenal dengan kesuburan lahannya.

Traveler yang liburan ke Semarang, situs ini bisa menjadi pilihan destinasi. Tetap jaga keasrian situs dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme. Bagi wisatawan yang gemar fotografi, lokasi ini menarik juga buat hunting foto. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA