Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Sep 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ibu Kota Baru Indonesia Punya Prasasti Kerajaan Tertua

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Prasasti Kutai I di Museum Nasional (Tasya/detikcom)
Prasasti Kutai I di Museum Nasional (Tasya/detikcom)
Jakarta - Ibu kota baru Indonesia akan ada di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara. Di sana ada prasasti kerajaan tertua di Indonesia.

Beberapa waktu lalu Jokowi telah mengumumkan ibu kota baru Indonesia pindah ke Kalimantan timur, tepatnya di Kabupetan Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Tahukah kamu kalau di Kutai ditemukan prasasti tertua di Indonesia?

Prasasti Mulawarman atau Prasasti Kutai merupakan sebuah prasasti peninggalan Kerajaan Kutai Martadipura. Prasasti ini ditemukan di Muara Kaman, Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Terdapat tujuh buah prasasti berbentuk Yupa, namun baru 4 yang berhasil diterjemahkan. Prasasti ini menjelaskan tentang kehidupan Raja Mulawarman. Namun kalau mau melihat prasasti ini, tidak usah jauh-jauh ke Kalimantan.

Prasasti Kutai II (Tasya/detikcom)Prasasti Kutai II (Tasya/detikcom)


Prasasti ini disimpan di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat. Prasasti Mulawarman yang merupakan salah satu prasasti tertua di Indonesia. Di sini detikcom melihat 3 prasasti Mulawarman, yaitu Mulawarman I, II dan III.

Prasasti Mulawarman I bertempat di Gedung B lantai 2. Beraksara Pallawa dan berbahasa Sansekerta, prasasti ini menyebutkan silsilah Mulawarman. Ayahnya bernama Aswawarman dan kakeknya Kundungga.

Berbentuk tiang dan memiliki tinggi 169 cm. Prasasti ini ditemukan pada tahun 425 masehi. Prasasti Mulawarman II juga bertempat yang sama, bentuknya seperti tugu dengan tinggi sekitar 187 cm.

Ditemukan pada tahun 425 masehi, prasasti ini berisi tentang kebaikan Raja Mulawarman yang mulia dan terkemuka. Dia menyumbangkan 20.000 ekor sapi kepada brahmana, sebagai penghormatan atas kebajikan sang raja, brahmana mendirikan tugu peringatan.

Prasasti Kutai III (Tasya/detikcom)Prasasti Kutai III (Tasya/detikcom)


Sedangkan Prasasti Mulawarman III ditemukan pada tahun 450 masehi. Sama seperti Prasasti Mulawarman II, di sini menjelaskan kebaikan budi Raja Mulawarman. Disebutkan Raja Mulawarman sangat mulia karena sering bersedekah dengan jumlah yang banyak.

Bentuk dari Prasasti Mulawarman III ini adalah tugu dengan panjang 129,5 cm, lebar 29 cm dan tebal 25 cm. Prasasti ini terletak Gedung B lantai 3 Museum Nasional.

Museum Nasional dipenuhi oleh pengunjung mulai dari anak sekolah hingga wisatawan internasional. Selain melihat beberapa prasasti sejarah Indonesia, kamu juga bisa melihat kehidupan manusia di zaman purba hingga melihat koleksi emas cantik dan keramik cantik dari berbagai negara.

Untuk tarif anak-anak adalah Rp 2.000 dan dewasa Rp 5.000 per orang. Museum ini buka hari Selasa-Kamis pukul 08.00-16.30 WIB. Sedangkan sabtu-minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Museum Nasional (Tasya/detikcom) Museum Nasional (Tasya/detikcom) Foto: undefined


Simak Video "Telkomsel Genjot Terus Jaringan di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA