Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Okt 2019 05:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Pulau Cipir, Sejarah hingga Kisah Misteri

riz
detikTravel
Pulau Cipir, Kepulauan Seribu. Foto: Istimewa
Pulau Cipir, Kepulauan Seribu. Foto: Istimewa
Jakarta - Bosan dengan wisata sekitaran wilayah Jakarta? Inilah saatnya kamu berkunjung ke Pulau Cipir Jakarta yang terletak di wilayah Kepulauan Seribu.

Pulau yang tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya ini, rupanya juga memiliki peninggalan bangunan sejarah pada zaman VOC loh.


Penasaran seperti apa Pulau Cipir ini? Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Pulau Cipir Kepulauan Seribu yang dirangkum oleh detikTravel:

1. Sejarah Pulau Cipir

Siapa sangka nama asli Pulau Cipir adalah Pulau Kuyper. Pulau ini juga biasa dikenal dengan sebutan Pulau Khayangan. Sejarah pulau ini rupanya sebagai lahan bekas rumah sakit yang menangani perawatan dan karantina penyakit menular bagi para jemaah haji pada tahun 1911-1933.

Saat itu, pulau ini dijadikan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan untuk calon jamaah haji yang berangkat melalui jalur laut.

2. Lokasi

Buat kamu yang belum tahu Pulau Cipir dimana, Pulau Cipir ini termasuk ke dalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, DKI Jakarta.

3. Rute Perjalanan

Pulau yang ditata sebagai tempat wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi laut, seperti perahu. Dengan menggunakan perahu di Dermaga Muara Kamal, kamu bisa menyebrang ke Pulau Cipir selama kurang lebih 20-25 menit. Kini, titik keberangkatan pengunjung dapat berangkat dari Ancol, Tanjung Priuk, dan Tanjung Pasir. Buat kamu yang akan berkunjung ke sana untuk biaya transportasi perahu sekitar Rp 8.000 hingga Rp 9.000 per orang.

Pulau Cipir.Pulau Cipir. Foto: Istimewa

4. Keindahan Pulau Cipir

Saat memasuki kawasan pulau Cipir, kamu akan disuguhkan sebuah prasasti tua, benteng dan sisa bangunan rumah sakit peninggalan Belanda.

Tidak hanya wisata sejarah saja nih Detikers, kamu bisa menikmati pemandangan laut dan juga bermain wahana air untuk melengkapi liburanmu. Di sana, kamu bisa menikmati wahana olahraga air, seperti banana boat dan jet ski. Kamu juga bisa berenang hingga snorkling untuk melihat keindahan bawah laut yang beraneka ragam di Pulau Cipir. Gimana seru bukan?

5. Misteri Pulau Cipir

Pulau Cipir sebagian besar memiliki bangunan tua, maka muncullah berbagai asumsi dari kalangan pengunjung yang merasakana adanya misteri yang menghantui tempat wisata ini. Rupanya, bagian di Pulau Cipir angker terletak pada bangunan bekas rumah sakit yang merupakan tempat karantina para pasien yang memiliki penyakit menular. Tak hanya itu, di masa kekuasaan Jepang, pulau ini pun menjadi tempat eksekusi. Beberapa pengunjung bahkan data ke Pulau Cipir ini untuk melakukan uji nyali loh.



Simak Video "Ternak, Kelinci, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA