Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Des 2019 13:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Acara Malam Tahun Baru di Purworejo, Ada Apa Saja?

Rinto Heksantoro
detikTravel
Mau tahun baruan di Purworejo? (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Malam pergantian tahun jadi momen yang ditunggu-tunggu. Purworejo tak mau ketinggalan, ada serangkaian acara meriah yang diadakan pada malam tahun baru.

Malam tahun baru nanti Purworejo akan punya pertunjukan 4 sudut yang digelar serempak di alun-alun kota serta pertunjukan sinar ultra violet terbesar se-Jateng yang digelar di Sumber Adventure Center (SAC).


Alun-alun kota Purworejo akan jadi lautan manusia pada malam perayaan pergantian tahun baru 2020. Di tempat itu, berbagai hiburan akan dihelat di 4 sudut alun-alun secara serempak.

Tak hanya itu, pertunjukan sinar ultra violet outdoor terbesar di Jawa Tengah juga akan disuguhkan di Sumber Advanture Center (SAC), Jl Kutoarjo-Kebumen, Km 3,5, Desa Andong, Kecamatan Butuh.

Acara Malam Tahun Baru di Purworejo, Ada Apa Saja?Mau malam tahun baruan di Purworejo? (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Bagi siapa saja yang ingin mengisi waktu liburan menjelang pergantian tahun baru bisa mengunjungi dua tempat tersebut. Di SAC yang merupakan wahana water boom terbesar di Purworejo, akan digelar berbagai acara sejak 28-31 Desember 2019 dengan puncak acara berupa pertunjukan musik, pesta kembang api hingga pesta ultra violet.

Ketua penyelenggara kegiatan dengan tajuk 'Event Ultra 2020' di SAC, Indra Raharja mengatakan bahwa sebelum acara puncak pergantian tahun baru dilaksanakan, pihaknya akan menggelar berbagai event lain. Kegiatan tersebut nantinya juga akan dilombakan.

"Acara puncaknya memang tanggal 31 Desember 2019 saat pergantian tahun, tapi beberapa hari sebelumnya kami juga sudah menyiapkan pra event seperti meet up kontes modifikasi mobil, kontes kesenian tradisional, kuliner dan lain-lain," papar Indra ketika ditemui detikcom di SAC pada akhir pekan.

Sumber Advanture Center (SAC)Sumber Advanture Center (SAC) Foto: (Rinto Heksantoro/detikcom)

Indra menambahkan, dalam menyambut tahun baru 2020 itu juga digelar pertunjukan lain seperti drifting nasional, freestyler tingkat asia, fire dance, disc jockey, pesta kembang api serta pesta ultra violet. Melalui event ultra 2020 ini, SAC menghadirkan hiburan untuk masyarakat Purworejo dan sekitarnya serta turut mendorong potensi wisata di daerah ini agar lebih dikenal di masyarakat.

"Untuk pesta ultra violet ini menjadi ultra violet outdoor terbesar se-Jawa Tengah bahkan mungkin Indonesia karena biasanya kan di indoor. Acara nantinya juga akan full doorprize," imbuhnya.


Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP menuturkan bahwa gelaran dalam rangka menyambut tahun baru yang dilaksanakan di alun-alun Purworejo sengaja mengambil tema 'Romansa Mengangkasa' agar Purworejo lebih mengangkasa dan dikenal khalayak luas serta bisa menyejahterakan masyarakatnya.

Beragam hiburan menarik yang melibatkan banyak talenta seni dari Purworejo dan sekitarnya akan ditampilkan pada malam tahun baru dengan pesta kembang api sebagai puncak acara. Empat sudut Alun-alun akan diramaikan dengan empat event berbeda sekaligus yang digelar serempak di atas panggung.

Acara Malam Tahun Baru di Purworejo, Ada Apa Saja?Purworejo punya acara tahun baruan seru. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

"Ada panggung galaxy, panggung bulan, panggung bintang dan panggung romansa yang akan menampilkan hiburan berbeda dan dilaksanakan serempak sejak sore hingga malam puncak pergantian tahun baru 2020," kata Agung Wibowo.

Panggung galaxy yang terletak di sudut timur laut alun-alun nantinya akan menyuguhkan musik dangdut dan sejenisnya, sedangkan panggung bulan berisikan sajian pertunjukan religi yang akan di-setting di depan Masjid Agung Purworejo. Sementara panggung bintang yang berada di sisi tenggara alun-alun akan menyajikan berbagai kesenian tradisional asal Purworejo.


"Untuk panggung utama yang menjadi center point atau panggung romansa berada di pojok barat daya tepatnya di amphitheater dan akan menghibur masyarakat dengan musik top 40 hingga gebyar kembang api sebagai puncak acara," lanjutnya.

Menjelang acara pergantian tahun baru, tidak ada satu pun jenis kendaraan bermotor diperbolehkan memasuki kawasan alun-alun ketika Car Free Night diberlakukan. Sesuai rencana, Alun-alun akan steril dari kendaraan bermotor pada Selasa (31/12/2019) mulai dari pukul 17.00-01.00 WIB.




Simak Video "Meriahnya Tradisi Jolenan, Purworejo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA