Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 22:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Daftar Peninggalan Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat

Lusiana Mustinda
detikTravel
Kampung Naga is a traditional baduy Villages, Sudanese tribe near to Bandung, peoples in this village didnt accept the modernization.
Suku Baduy Foto: Getty Images/iStockphoto/fikaso
Jakarta -

Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan Hindu yang diperkirakan beribukota di Pakuan (Bogor), Jawa Barat. Kerajaan ini sering disebut juga dengan nama Negeri Sunda, Pasundan atau Pakuan Pajajaran.

Dikutip dalam buku 'Kerajaan-kerajaan Nusantara' oleh Woro Wiswati, Kerajaan Pajajaran berdiri pada tahun 923 oleh Sri Jayabhupati.

Keberadaan Kerajaan Pajajaran tentu tidak terlepas dari kerajaan terdahulunya yang ada di Jawa Barat yakni Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh serta Kawali. Hal ini disebabkan karena pemerintahan Kerajaan Pajajaran merupakan kelanjutan dari kerajaan-kerajaan tersebut.

Kerajaan Pajajaran runtuh tahun 1579 karena serangan kerajaan Sunda lainnya yaitu Kesultanan Banten. Meskipun Kerajaan Pajajaran sudah lama runtuh, akan tetapi hingga kini masih terdapat bukti peninggalannya.

Dilansir dalam buku 'Mengenal Kerajaan-kerajaan Nusantara' oleh Deni Prasetyo, sisa Kerajaan Pajajaran dapat dijumpai dari adanya suku Baduy. Mereka adalah keturunan dari punggawa-punggawa istana yang meninggalkan keraton dan menetap di daerah Lebak setelah perang selesai. Mereka menerapkan tata cara kehidupan lama yang ketat dan masih bertahan hingga sekarang. Kini mereka dikenal sebagai orang Baduy.

Selain itu ada juga beberapa peninggalan Kerajaan Pajajaran antara lain naskah Babad Pajajaran, Carita Parahiangan, Carita Waruga Guru, Prasati Batu Tulis (Bogor), Prasasti Sanghyang Tapak (Sukabumi), Prasasti Kawali (Ciamis), Tugu Perjanjian Portugis, dan Taman Perburuan (sekarang menjadi Kebun Raya Bogor).

Adapun raja-raja Kerajaan Pajajaran adalah Sri Baduga Maharaja (1482-1521), Surawisesa (1521-1535), Ratu Dewata (1535-1543), Ratu Sakti (1543-1551), dan Raga Mulya (1567-1579).





Simak Video "Jabar Siap Produksi Rapid Test Sendiri, Akurasi 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA