Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Baru Pantai Pasir Putih Menawan dari Sulawesi

Abdy Febriady
detikTravel
Pantai pasir putih di Polewali Mandar
Foto: Pantai Tappina di Sulawesi Barat (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ada satu pantai dengan pasir putih yang amat menawan. Pantai Tappina namanya. Suatu hari nanti, kalian mesti ke sini.

Bersama sejumlah teman, saya meluangkan waktu mengunjungi pantai wisata Tappina, yang konon kabarnya menyuguhkan keindahan pasir putih bersih dan tentunya panorama alam khas bahari.

Tidak sulit untuk menjangkau kawasan wisata yang berada di Desa Mirring, Kecamatan Binuang. Hanya berjarak sekira 15 kilometer dari Kecamatan Polewali yang merupakan ibukota Kabupaten Polewali Mandar.

Perjalanan dengan roda dua maupun roda empat, ditempuh selama lebih kurang tiga puluh menit, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki, melewati jalan setapak yang membelah bukit sejauh lebih kurang 200 meter.

Pantai pasir putih di Polewali MandarPerjalanan ke pantai Foto: Abdy Febriady/detikcom



Dan benar, sesampainya di tempat ini, mata kita langsung disuguhkan keindahan panorama alam yang memanjakan mata. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan pasir putih dan bersih.

Pun demikian dengan air lautnya, yang terlihat tenang, jernih dengan warna khas kehijauan, sangat cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga.


Lantaran berada di belakang bukit yang dipenuhi pepohonan tinggi nan subur, membuat suasana di pantai pasir putih Tappina tetap teduh kendati matahari kian meninggi. Tentunya, kondisi tersebut menjadi daya tarik tersendiri, karena pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan nyaman, sembari merasakan hembusan angin laut yang bertiup sepoi.

Ada juga keindahan tebing berkarang plus sebuah gua berukuran mini, yang dapat dinikmati pengunjung, dengan menyusuri kawasan wisata ini, sembari mengabadikan banyak foto dengan spot menarik.

Selain itu, terdapat pulau kecil berbatu, berjarak puluhan meter dari bibir pantai. Saat air surut pulau berukuran mini ini yang ditumbuhi beberapa pepohonan ini, dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

Pantai pasir putih di Polewali MandarPantai pasir putih di Polewali Mandar Foto: Abdy Febriady/detikcom



Salah seorang pengunjung Satriani mengaku hampir setiap akhir pekan berkunjung ke pantai wisata pasir putih ini. Selain karena keindahan panorama alamnya, suasana yang tenang juga menjadi daya tarik tersendiri baginya.

"Hampir setiap minggu saya ke sini, tempatnya nyaman, pemandangannya juga bagus, setiap kali ke sini pasti ingin berlama-lama," ujarnya.

Sementara itu, warga setempat bernama Amanda mengatakan, hampir tiap akhir pekan pantai wisata pasir Putih Tappina ramai dikunjungi warga.

"Biasanya setiap hari minggu ada warga yang berdatangan, baik warga lokal maupun pendatang," aku Amanda.


Amanda berharap, pemerintah memberi perhatian dengan membangun fasilitas pendukung, agar pengunjung bisa merasa nyaman.

"Jalannya harus diperbaiki karena licin kalau habis hujan, harus juga ada fasilitas tempat sampah, karena ada pengunjung yang suka buang sampah sembarangan," pintanya.

Nah, bagi warga yang ingin merasakan sensasi berwisata di tempat yang baru, pantai pasir putih Tappina bisa menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi. Namun harus diingat, kelestarian dan keindahannya harus tetap kita jaga, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.



Simak Video "Indahnya Pantai Pasir Putih Tappina di Polewali Sulawesi Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA