Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pembukaan Jalur Torean di Rinjani Tengah Dikaji

Yoseph Amada Novian
detikTravel
Via jalur Torean.
Rinjani via jalur Torean (yoseph.novian/d'Traveler)
Mataram -

Sempat ditutup sementara akibat COVID-19, Gunung Rinjani kabarnya akan kembali buka 7 Juli. Jalur baru pun tengah disurvei.

Beberapa waktu lalu sangat terdengar soal jalur gunung via Torean yang akan dijadikan jalur pendakian resmi Gunung Rinjani. Menurut Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), jalur ini sedang ditinjau kelayakannya.

"Kami akan survei dulu yang nantinya dibahas dengan pihak terkait. Saat ini kami ada beberapa tim yang melakukan survei di beberapa jalur via Torean. Nanti ya kita akan informasikan" Kata Dedy Asriandy, Kepala Badan Taman Nasional Gunung Rinjani, melalui sambungan telepon.

Banyak sekali pendaki yang ingin menaiki Gunung Rinjani Via Torean, tapi sangat terkendala dari izin karena non simaksi. Jalur ini memiliki ciri khas tersendiri, tapi ciri di via Torean sebagai jalur suci dan tradisional suku sasak Lombok. Para pendakian ini memberi kesan yang khas yaitu 'Jurassic-Park nya Indonesia' karena memang seperti itu indahnya sama seperti film-film.

Via jalur Torean.Via jalur Torean (yoseph.novian/d'Traveler)

Jalur ini sangat menantang dari pada via Senaru. Jalur Torean di Gunung Rinjani masih asri karena jarang dilewati oleh manusia sehingga masih adanya pro dan kontra para pendaki.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Yoseph Amada Novian dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Penemuan Uang Kuno Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA