Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Agu 2020 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Wisata Gratis di Bogor

Banyak hal menarik yang dapat kita jumpai saat kita menjalajah kota Bogor Jawa Barat. Selain terkenal dengan Kebun Rayanya, kota Bogor juga memiliki patung Buddha tidur raksasa yang tak kalah dengan yang dimiliki negara Thailand. Patung Buddha tidur raksasa tersebut terbaring nyaman di Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat. Reno Hastukrisnapati Widarto/detikcom.
Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat (Reno Hastukrisnapati Widarto/detikcom)


3. Taman Bermain Lapangan Sempur

Kawasan Sempur dulu dikenal sebagai gelanggang olahraganya orang Bogor. Namun sekarang, kawasan ini sudah jadi satu kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi, juga kuliner.

Di kawasan ini ada Taman Ekspresi, dengan kegiatan rutin mengadakan pemutaran film-film karya sineas Indonesia. Ada juga tempat untuk bermain anak, panjat dinding, sampai skatepark buat main skateboard.

Untuk menuju ke sini, traveler bisa naik KRL kemudian naik angkot 03 tujuan Sempur. Turun saja di sisi Istana Bogor setelah Jembatan Kebun Raya Bogor ketika melihat lapangan besar buat panjat dinding di sisinya. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini, namun pembukaannya tunggu kabar dulu dari pemerintah Bogor. Namun menurut informasi terbaru, lapangan Sempur belum dibuka untuk umum, jadi sabar dulu ya, tunggu buka.

Petugas Park Ranger Kota Bogor mengecat bentuk lingkaran sebagai jarak sosial di lapangan rumput Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). Pengecatan jarak sosial dengan bentuk lingkaran di Taman Sempur itu sebagai salah satu persiapan jelang dibukanya kembali taman tersebut dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dalam masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Bogor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah /foc.Petugas Park Ranger Kota Bogor mengecat bentuk lingkaran sebagai jarak sosial di lapangan rumput Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). Pengecatan jarak sosial dengan bentuk lingkaran di Taman Sempur itu sebagai salah satu persiapan jelang dibukanya kembali taman tersebut dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dalam masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Bogor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah /foc. Foto: ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH

4. Istana Bogor


Istana Bogor rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Jika sedang dibuka, traveler bisa masuk dan berkeliling serta melihat betapa megahnya bangunan bersejarah ini.


Jika diperbolehkan masuk ke dalam kawasan istana, setiap akhir pekan, wisatawan bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di istana ini, dari luar pagar. Kalau cuma berkeliling seputar area istana, tentu traveler tidak akan dipungut biaya.

Istana Presiden di Bogor. Reno Hastukrisnapati Widarto / ilustrasi/ detikfotoIstana Presiden di Bogor. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

5. Kampung Budaya Sindangbarang

desa wisataKampung Budaya Sindangbarang Foto: (Randy/detikTravel)


Mau tahu tentang budaya Sunda? datanglah ke Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Desa Pasir Eurih, Tamansari, Bogor.

Secara jarak, Kampung Budaya Sindangbarang terletak tidak jauh dari pusat kota Bogor, sekitar 5 km saja. Usut punya usut, inilah kampung tertua di Bogor.


Sindangbarang sejatinya adalah sebuah Kerajaan Sunda di abad ke-12. Di sana kamu akan melihat berbagai pertunjukan bernuansa Sunda seperti tarian dan pertunjukan musik.

Ada rumah tradisional Sunda Bogor yang terbuat dari kayu, beserta saung yang berfungsi sebagai lumbung padi, pertunjukan Tari Jaipong dan debus. Tiket masuknya gratis, kalau mau menginap baru dikenakan tarif tambahan. Kalau mau melihat berbagai pertunjukan biasanya berlangsung di akhir pekan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA