Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 20:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Cengkir Manis, Destinasi yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Dian Utoro Aji
detikTravel
Wisata Cengkir Manis
Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Akhir pekan cocok untuk dinikmati liburan bersama keluarga. Di Kudus, Jawa Tengah ada objek wisata terbilang dan baru, namanya Cengkir Manis.

Wisata Cengkir Manis terletak di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo, Kudus. Dari pusat Kabupaten Kudus menuju ke Wisata Cengkir Manis berjarak 13 Km atau selama 13 menit.

Objek wisata yang baru ada sekitar empat bulan itu menampilkan konsep edukasi di tengah pedesaan. Saat sampai di lokasi banyak bangunan yang terbuat dari bambu. Mulai gerbang masuk hingga spot yang ada terbuat dari bambu.

Wisata Cengkir ManisWisata Cengkir Manis Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

Selain suasana di pedesaan, di Wisata Cengkir Manis, wisatawan juga bisa menikmati susur sungai. Di sana, disediakan sejumlah perahu yang bisa dinikmati pengunjung saat akhir pekan. Saat ini tidak ditarif biaya yang dikenakan, pengunjung hanya bayar seikhlasnya pada kotak yang disediakan di pintu masuk.

Kades Tanjungrejo Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Christian Rahardiyanto mengungkapkan awalnya lahan seluas 3.200 meter persegi adalah lahan kosong milik warga setempat. Kemudian karena letak Desa Tanjungrejo yang bersebelahan dengan Bendung Logung, akhirnya membuat sebuah destinasi wisata. Berdirinya wisata tersebut baru empat bulan.

Wisata Cengkir ManisWisata Cengkir Manis Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

"Keberadaan wisata ini memang karena ada Bendungan Logung, momen nama Bendungan Logung ini sudah nama besar buat kita. Sehingga kami beritikad untuk membuat sejumlah tempat yang memiliki untuk dijadikan wahana wisata," ujar Christian kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Sabtu (19/9/2020).

"Saat ini beberapa tempat potensi untuk wahana wisata. Ada tiga titik, Cengkir Manis, wahana River Tubing, hingga ada permainan perahu," sambung dia.

Christian mengatakan, untuk saat ini masih tahapan proses pembuatan. Karena secara resmi belum launching. Meskipun demikian, sudah banyak pengunjung yang penasaran dengan wisata Cengkir Manis.

"Ini tahapan proses pembuatan, kita tata sebelum launching. Ada permainan river tubing, permainan perahu kano, tempat bermain anak permainan tradisional seperti, egrang, sandal teklek kita kembangkan di sini," ujar dia.

"River tubing sudah 90 persen. Kita sudah uji coba dan kita melakukan uji coba terus, sampai sekarang ini sudah 90 persen, 10 persen perizinan. Saat ini masih tahapan uji coba, nanti akan segera kami launching dan buka secara resmi," tandas dia.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Rina mengaku penasaran dengan keberadaan Wisata Cengkir Manis. Dia ingin mengunjungi wahana arum jeram, namun saat datang belum dibuka.

"Dari teman, terus tadi di media sosial kita penasaran akhirnya ke sini. Sini mau nonton arum jeram cuman belum beroperasi sepenuhnya ya mungkin. Ke depan mau nonton yang itu, mungkin belum dibuka ya. Tapi di wahana Cengkir Manis ini kesannya bagus," ungkap Rina saat ditemui di lokasi siang tadi.



Simak Video "Seru! Pacu Adrenalin di Sedekan River Tubing yang Lagi Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA