Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 17:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Coba Tengok Eduwisata Baru di Tangerang, Berawal dari Lahan Kosong

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Eco Farm Kampung Baru Tangerang
Eco Farm Kampung Baru Tangerang (Foto: Pemkot Tangerang)
Jakarta -

Lahan kosong di Kota Tangerang ini disulap menjadi destinasi wisata edukasi atau eduwisata. Berbagai sayuran disiapkan untuk dikenalkan ke turis.

Eco Farm Kampung Baru namanya. Lahan tidur yang berhasil disulap menjadi lahan produktif oleh Pemerintah Kota Tangerang ini ada di wilayah Kampung Baru, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bakal menanam banyak sayuran di atas lahan seluas hampir 1 hektar ini.

"Konsepnya sebagai taman, namun yang didorong lebih kepada edukasi dan produktivitas. Makanya yang ditanam adalah tanaman-tanaman produktif yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat," kata Ubaidillah dalam rilis resmi, Sabtu (31/10/2020).

Selain ditanami tanaman produktif, Pemerintah Kota Tangerang juga menanam beberapa tanaman hias di area Eco Farm Kampung Baru.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Ubaidillah Ansar mengatakan Eco Farm Kampung Baru merupakan program penataan ruang terbuka hijau (RTH). Lahan ini dimanfaatkan pula oleh masyarakat sekitar dalam mendukung program ketahanan pangan.

[Gambas:Instagram]

Pemerintah Kota Tangerang, dikatakan Ubaidillah akan menyediakan bibit tanaman yang akan ditanam oleh masyarakat sekitar Eco Farm Kampung Baru. Selain sebagai lokasi edukasi penanam, nantinya Eco Farm Kampung Baru juga menjadi salah satu lokasi pariwisata alam yang bisa dikunjungi.

Mengenai orang-orang yang akan memanfaatkan lahan tersebut, Ubaidillah menyebut masyarakat sekitar yang direkrut langsung dari kelurahan terkait. Pada pemanfaatan ini, nantinya hasil tanam sayur-sayuran bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat sekitar.

"Masyarakat kita arahkan untuk metode penanaman karena memang selain sebagai ketahanan pangan, juga sebagai area rekreasi edukasi. Jadi tanamannya kita bentuk dengan pola yang bagus biar menjadi eduwisata," ungkap dia.



Simak Video "Bikin Laper: Kerang Kampak Bakar Keju di Alam Sutera"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA