Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 08:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pensiunan Guru Ini Jadi Pionir Pendiri Penginapan di Rupat

Penginapan di Rupat Utara.
Bahtiar, pemilik Penginapan Mutiara Pantai di Rupat Utara (Pradita Utama/detikTravel)
Bengkalis -

Jauh sebelum pariwisata dilirik di Pulau Rupat, seorang pensiunan guru bernama Bahtiar lebih dulu membangun penginapan di sana. Inilah kisahnya.

Adalah Bahtiar Is, seorang warga Kecamatan Utara sekaligus pemilik dari Penginapan Mutiara Pantai di Jalan Tenggiri Teluk Rhu. Jauh sebelum pariwisata berkembang di Pulau Rupat, beliau telah jauh melihat ke depan.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom bersama BRI di Pulau Rupat, Riau, Penginapan Mutiara Pantai menjadi pilihan detikTravel untuk menginap selama beberapa hari.

Lokasi yang strategis dan berada tepat di pinggir pantai menjadi alasan. Tak sedikit juga tamu dari kalangan wisatawan hingga PNS yang bermalam di penginapan itu.

Penginapan di Rupat Utara.Penginapan Mutiara Pantai di Kecamatan Rupat Utara (Pradita Utama/detikTravel)

Usut punya usut, Penginapan Mutiara Pantai yang dimiliki oleh Bahtiar merupakan salah satu akomodasi yang pertama berdiri. Proses panjang telah dilalui, di mana tak sedikit wisatawan yang merekomendasikan tempat ini kala berkunjung ke Rupat Utara.

Diwawancarai oleh detikTravel, Bahtiar berbagi kisahnya membangun penginapan itu dari nol hingga berkembang seperti dewasa ini.

"Bisa dibilang pionir lah. Dulu saya pensiunan guru, bikin penginapan ini dari nol. Tahu sendiri kan gaji guru nggak seberapa, turun habis beli material buat bangun," kenang Bahtiar.

Mulai dari titik nol, Bahtiar membangun penginapan miliknya secara perlahan dengan pendapatan terbatas yang dimilikinya. Tentu tidak langsung jadi seperti kondisinya kini.

"Saya bangunnya sedikit-sedikit. Dulu itu gak ada (menunjuk lantai dua), baru ditambah pelan-pelan," ujarnya.

Selanjutnya: Fasilitas penginapan dan peran serta BRI

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA