Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 18:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Objek Wisata Deles Indah Merapi, Nasibmu Kini...

Achmad Syauqi
detikTravel
Objek Wisata Alam Deles Indah di kawasan Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, Klaten sempat menjadi primadona di tahun 1990 an. Namun kini objek wisata itu terbengkalai, jalannya rusak, bangunannya mangkrak bahkan kawasannya ditumbuhi semak hutan.
Foto: Obyek wisata Deles Indah kini mati suri (Achmad Syauqi/detikTravel)
Klaten -

Objek Wisata Deles Indah di kawasan puncak Gunung Merapi sempat jadi populer di er tahun 80 dan 90-an. Namun kini, nasib destinasi ini mati suri.

Objek wisata di Dusun Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten itu kini mati suri karena rusaknya infrastruktur.

"Untuk wisata Deles Indah memang sepi sejak infrastrukturnya rusak. Kerusakan itu khususnya di area Pesanggrahan Raja Pakubuwono (PB) X ," ungkap Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Sidorejo, Sukiman Mohtar Pratomo pada detikcom di lokasi, Minggu (6/12/2020) siang.

Dituturkan Sukiman, di area Pesanggrahan itu dulunya untuk istirahat raja saat memantau kondisi Gunung Merapi. Di lokasi tersebut ada banyak sarana wisata.

"Di Pesanggrahan itu ada destinasi yang lengkap. Sebab ada embung, Pesanggrahan, taman, panggung hiburan dan lainnya," lanjut Sukiman.

Objek Wisata Alam Deles Indah di kawasan Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, Klaten sempat menjadi primadona di tahun 1990 an. Namun kini objek wisata itu terbengkalai, jalannya rusak, bangunannya mangkrak bahkan kawasannya ditumbuhi semak hutan.Objek Wisata Alam Deles Indah terbengkalai Foto: Achmad Syauqi

Namun, imbuh Sukiman, karena infrastruktur penunjang, terutama jalan di lokasi rusak tidak terurus menjadikan pengunjung sepi. Padahal sebenarnya peminat banyak.

"Sebenarnya peminat itu masih banyak. Bahkan Taman Nasional Gunung Merapi pernah membenahi dengan memasang pagar pengaman, spot selfie, perbaikan sarana di kawasan hutan tapi karena jalan ke lokasi rusak jadi benar-benar sepi," kata Sukiman.

Ketua RT 16 Desa Sidorejo, Jenarto mengatakan sepinya pengunjung disebabkan faktor utama jalan ke lokasi rusak sejak sekitar tahun 1999 lalu. Banyak wisatawan naik tapi hanya sampai di atas balai desa balik pulang.

"Sudah lama tidak ada pengunjung, kadang pengunjung tidak sampai Deles. Sampai kampung saya balik lagi sebab kalau tidak pakai jip atau trail tidak bisa melanjutkan perjalanan karena jalan rusak dan sarana pendukung juga tidak ada," ungkap Jenarto pada detikTravel.

Objek Wisata Alam Deles Indah di kawasan Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, Klaten sempat menjadi primadona di tahun 1990 an. Namun kini objek wisata itu terbengkalai, jalannya rusak, bangunannya mangkrak bahkan kawasannya ditumbuhi semak hutan.Objek Wisata Alam Deles Indah jalanannya rusak Foto: Achmad Syauqi

Menurut Jenarto, di Pesanggrahan PB X saat masa jayanya destinasi itu sangat ramai. Sebab rutin ada even dan warga banyak yang jualan warungan.

"Dulu banyak warung warga karena di Pesanggrahan ada even rutin. Kalau upaya pemerintah kita tidak tahu karena Kawasan Deles Indah itu jadi kewenangan banyak pihak, hutan milik BTNGM, Pesanggrahan milik keraton atau dinas pariwisata," sambung Jenarto.

Warga desa, terang Jenarto, sudah berupaya dengan berbagai kegiatan. Di antaranya mengadakan kirab budaya di lokasi.

"Beberapa kali warga desa mengadakan kirab budaya di kawasan Deles. Tapi kalau infrastruktur tidak menunjang tetap sepi," pungkas Jenarto.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Klaten, Sri Nugroho mengatakan ada rencana penataan kembali Deles Indah. Tapi mencakup kawasan sabuk Gunung Merapi.

"Ke depan jangka panjang lima tahun ada rencana penataan ke depan di sabuk Merapi itu. Tapi tentu harus berkoordinasi dengan instansi lain sebab jalannya ngeri," ungkap Sri Nugroho pada detikTravel saat ditemui di rumah dinas wakil bupati.



Simak Video "Merapi Bergejolak, Luncurkan Awan Panas 3 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA