Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Des 2020 15:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Indah nan Perawan di Malaka, Sunrisenya Bikin Nagih

Femi Diah
detikTravel
tentang Malaka perbatasan RI dan Timor Leste
Pantai Wailulik di Malaka, NTT (Femi Diah/detikTravel)
Malaka -

Malaka memiliki deretan pantai menawan yang masih perawan. Pantai-pantai itu membentang dari Motamasin, perbatasan dengan Timor Leste.

Malaka, kabupaten baru di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, memiliki potensi wisata pantai. Boleh dibilang, pantai itu belum tergarap. Untuk memasuki kawasan pantai pun tidak dipungut biaya.

So, traveler tidak akan mudah menjumpai pedagang ataupun fasilitas berupa toilet di pantai-pantai tersebut.

Berikut deretan pantai di Malaka?

1. Teluk Maubesi

Teluk Maubesi merupakan satu-satunya teluk yang ada di Kabupaten Malaka dan menyimpan sejumlah mitos, sejarah, dan alam nan indah permai.

Pantai ini memiliki tumbuhan mangrove yang menjadi habitat kelelawar dan lebah. Pada siang hari kelihatan kelelawar berjumbai-jumbai dari dahan mangrove.

Teluk Maubesi berjarak sekitar ± 14 km. Kondisi jalannya 8 km hotmix, selebihnya 2 km perkerasan dan 4 km masih berupa rintisan jalan konvensional.

2. Pantai Masin Lulik

Pantai Masin Lulik berada di pinggiran air payau desa Litamali Kecamatan Kobalima dan berada pada jarak 17 km dari Betun.

Menurut cerita peninggalan, tempat ini merupakan situs yang unik dan keramat karena area berdiamnya roh para leluhur yang meninggal.

3. Pantai Abudenok

Pantai Abudenok masuk wilayah Desa Umalor, Kecamatan Malaka Barat. Berada pada posisi 3 km dari Besikama dan ± 19 km dari Betun.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan cukup keras. Makanya, pas untuk dijadikan area bersepeda pagi hari sekaligus menikmati sunrise.

4. Pantai Taberek

Pantai Taberek terhampar berbatasan dengan Kabupaten Timor Timur Selatan (TTS). Pantai ini segaris dengan Pantai Abudenok.

Di sekitar pantai terdapat kolam-kolam payau, ditumbuhi rumbia (sejenis tumbuhan palem) yang batangnya dapat diolah menjadi bahan makanan lokal masyarakat di Malaka.

5. Pantai Lamea

Pantai Lamea bersebelahan dengan pantai Taberek dan keduanya berada pada satu bentangan garis pantai. Pantai Lamea berada di Desa Lamea Kecamatan Wewiku dan merupakan pantai penghujung Malaka yang bertautan dengan perairan laut yang menepi di wilayah Kabupaten TTS.

Pantai ini berjarak sekitar 37 km dari ibu kota Malaka, Betun. Pemandangan pantainya berpasir menghampar datar dan di tepian pasir bertumbuh subur pohon-pohon cemara yang rimbun menghijau. Suatu keunikan di sana adalah buaya-buaya di dalamnya bisa serta merta muncul ke permukaan air ketika dipanggil oleh pawangnya melalui suatu ritual adat.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA