Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Jan 2021 11:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Water Toren, Ikon Sejarah Magelang yang Berusia 100 Tahun Lebih

Eko Susanto
detikTravel
Ikon sejarah di Magelang.
Water Toren di Magelang, (Eko Susanto/detikTravel)

Usia bangunan sudah 100 tahun, kata Bagus, ini baru data sekunder, sejauh ini belum ada data primer. Data primer tersebut baik prasasti maupun media massa yang memberitakan pada masa tersebut belum ditemukan.

"Usia bangunan 100 tahun, tepatnya Mei 2020. Itu baru data sekunder, belum data primer. Data primer, entah prasasti atau surat kabar yang memberitakan di zaman itu belum ketemu, sebenarnya masih data sekunder," kata dia.

Bagus menjelaskan, pada masa tahun 1945 sampai 1949, bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Saat itu, salah satu tentara Jepang, Tanaka Mitsuyuki yang berganti nama menjadi Sutoro, naik di atas water toren menembaki dua pesawat cocor merah.

"Bangunan ini juga bersejarah karena di era tahun 1945-1949 saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia. Dimana Tanaka Mitsuyuki alias Pak Sutoro, Tentara Jepang yang membelot ke Republik di tahun 1945 dengan senjatanya naik ke atas menembak cocor merah Belanda," tuturnya.

Ikon sejarah di Magelang.Usianya sudah 100 tahun lebih (Eko Susanto/detikTravel)

Bagus menambahkan, di atas menara tersebut ada sentral sirine. Jika sentral sirine dibunyikan, kemudian tiga sirine yang berada di Kemirirejo, Plengkung dan Potrosaran, akan berbunyi pada masa itu.

"Fungsi lain menara di atas ada sentral sirine, pusat sirine yang berfungsi untuk menandakan sesuatu. Jadi Pemerintah Magelang di era itu karena rawannya hal tidak diinginkan, bencana Merapi atau perang ada sirine sentral. Juga memiliki sirine tambahan di Kemirirejo, Plengkung sama Potrosaran, ada tiga. Ketika, ada bencana dipijet di sini, maka tiga sirine lainnya akan ikut berbunyi seperti itu, sekarang tidak berfungsi," katanya.

Selanjutnya: Jadi sumber air warga

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jemunak, Makanan Khas Magelang yang Hanya Ada Tiap Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA