Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Feb 2021 20:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Hotel Ramah lingkungan Keren, Tarifnya Mulai Rp 300 Ribuan

Bonauli
detikTravel
The St Regis Bali Resort
Foto: The St Regis Bali Resort
Jakarta -

Hotel jadi pilihan alternatif untuk liburan di era pandemi. Tak hanya nyaman, hotel-hotel kini memberikan banyak fasilitas dan suasana yang berada.

Pandemi membuat staycation menjadi tren liburan. Hotel-hotel yang tadinya sepi mulai bergerak dengan banyak inovasi.

Dilansir dari situs resmi Wonderful Indonesia, ada 7 hotel dengan konsep ramah lingkungan yang bisa traveler jadikan tempat staycation. Bukan cuma ramah lingkungan, harganya pun ada yang ramah di kantong. Berikut daftar 7 green hotel di berbagai daerah Indonesia:

1. Rumah Turi Green Boutique Hotel

Rumah Turi Green Boutique Hotel adalah hotel hijau pertama di Solo. Hotel yang beralamat di Turisari, Jalan Srigading II No 12, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Hanya 5 menit saja dari Stasiun Kereta Balapan.

Hotel ini menawarkan fasilitas modern dengan sentuhan budaya Jawa. Seluruh area hotel diberi tanaman hijau untuk suasana asri dan tenang.

Kegiatan yang bisa traveler lakukan adalah trekking dan bersepeda. Yang paling menarik, mengutip tarif di beberapa online travel agent, hotel ramah lingkungan ini bisa dinikmati dari harga Rp 300 ribuan per malam.

[Gambas:Instagram]



2. Greenhost Boutique Hotel

Selain Solo, Yogyakarta juga punya hotel ramah lingkungan yang cantik. Inilah Greenhost Boutique Hotel yang memiliki desain interior unik.

Konsep yang dipamerkan adalah pertanian. Hotel ini juga punya area hijau dengan nama Pertanian Kreatif, Ruang Seni Hijau, Spa Teh oleh Sarah dan Restoran Dapur Seni.

Semua aspek dari hotel ini dijamin ramah lingkungan. Mulai dari konservasi energi, kebijakan pembelian, bahan bangunan, sistem operasi dan daur ulang limbah.

Hotel hijau nan cantik ini berada di Jalan Prawirotaman 2 Nomor 629, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 25 menit dari Bandara Internasional Adisucipto. Tak hanya cantik, harganya cuma ramah di kantong, mulai dari Rp 465 ribu per malam.

[Gambas:Instagram]



3. Kila Senggigi Beach Hotel

Paduan pemandangan laut yang indah dan hijaunya suasana hotel menjadi unggulan dari Kila Senggigi Beach Hotel di Lombok. Hotel ini terletak di jantung pantai Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Penginapan di tanah seluas 12 hektar ini menawarkan banyak aktivitas pelepas penat. Untuk yang suka main air, snorkeling, kano dan selancar angin bisa dicoba.

Rekreasi lain seperti kolam renang laguna, lapangan tenis outdoor, lapangan voli, lapangan bulu tangkis dan jogging track juga fasilitas pelengkap.

Hotel nyaman dan anti stress ini bisa traveler nikmati dari harga Rp 500 ribuan per malam. Gimana, tertarik?

4. Hotel Borobudur Jakarta

Jakarta juga punya hotel ramah lingkungan, namanya Hotel Borobudur Jakarta. Berada di Jalan Putaran Banteng Selatan, Kecamatan Sawah Besar, hotel hijau ini letaknya strategis di jantung kota.

Berada di tanah seluar 23 hektar, Hotel Borobudur Jakarta punya sajian lokal yang terkenal yaitu sop buntut. Pernah menang dalam penghargaan Hotel Mewah 2015, Hotel Borobudur Jakarta memang pas untuk kamu yang mau melepas penat dengan suasana hijau di tengah kota Jakarta.

Hotel BorobudurHotel Borobudur Foto: Hotel Borobudur

Sebagai hotel bintang 5, hotel ini memberikan fasilitas mewah. Hotel ini dibuka dengan harga Rp 3 jutaan per malam.

5. The St Regis Bali Resort

The St Regis Bali ResortThe St Regis Bali Resort Foto: The St Regis Bali Resort

Bali memang gudangnya hotel hijau yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah The St Regis Bali Resort. Beralamat di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Kuta Selatan, hotel ini menawarkan pemandangan laut langsung di depan kamar.

Masuk dalam jajaran penginapan mewah, The St Regis Bali Resort dimulai dari harga Rp 11 jutaan per malam. Dengan harga segitu, fasilitas yang ditawarkan pastinya tak mengecewakan.

6. Soori Bali

Kemudian ada Soori Bali. Hotel ini menyuguhkan sawah hijau dan laut yang menenangkan. Soori Bali berada di Banjar Dukuh, Desa Kelating, Tabanan.

Hotel ini memiliki adaptasi keberlanjutan dan memenuhi Standar EC3 Global EarthCheck untuk bangunan, perencanaan, dan desain. Hotel ini terkenal dengan masakan yang dibuat dengan rempah-rempah dari kebun milik sendiri dan pertanian organik lokal.

Soori BaliPemandangan dari pool di Soori Bali Foto: Soori Bali

Dengan harga Rp 13 jutaan per malam, hotel ini serba ramah lingkungan namun tetap memberikan kesan mewah. Fasilitasnya lengkap.

7. Capella Ubud Bali

Hotel ramah lingkungan di IndonesiaHotel ramah lingkungan di Indonesia Foto: (Internet)

Yang terakhir ada di Ubud, Bali, namanya Capella Ubud Bali. Terletak di Jalan RY Dalem, Keliki, Tegallalang, Gianyar, hotel ini menawarkan fasilitas terbaik dunia.

Benar-benar memanjakan mata, hotel ini terletak di hutan hujan Ubud. Hotel ini punya glamping di tepi kolam renang. Tamu hotel juga bisa melakukan aktivitas trekking ke hutan yang belum tersentuh.

Capella Ubud Bali pernah masuk nominasi Travel+Leisure World's Best Award 2020. Mulai dari harga Rp 16 jutaan per malam, hotel ini memberikan sudut pandang baru tentang hotel mewah yang sadar lingkungan.



Simak Video "Membuat Gado-gado Lezat Dengan Bahan yang Tepat, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA