Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Feb 2021 20:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Fakta dan 4 Mitos Burung Jalak yang Tuntun Pendaki di Gunung Lawu

Femi Diah
detikTravel
Burung jalak di Gunung Lawu.
Burung jalak Lawu (Dok Ari Budi/Pemandu pendaki Gunung Lawu)
Jakarta -

Kisah pendaki Gunung Lawu yang tersesat dan ditolong dengan cara dituntun oleh seekor burung jalak viral di media sosial. Peneliti burung menyebut sejumlah fakta dan mitos, apa saja?

Pengalaman itu dialami oleh Mohammad Soleh pada Agustus 2020 saat mendaki Gunung Lawu untuk kali pertama. Dia membagikan kejadian itu lewat akun TikTok dan menjadi viral.

Soleh mengisahkan dia dan rekan-rekannya salah jalur karena memang belum mengenal jalur pendakian Gunung Lawu. Sudah begitu sebagian anggota rombongan kecapekan.

Nah, saat kebingungan mencari jalur, mereka dituntun oleh burung jalak. Burung jalak itu tidak terbang, melainkan melompat-lompat.

Rupanya, munculnya burung jalak di Gunung Lawu dan menuntun pendaki bukan kali ini terjadi. Ada mitos dan fakta menyertainya.

Mitos burung jalak tuntun pendaki di Gunung Lawu

1. Burung jalak di Gunung Lawu dikaitkan dengan Raja Brawijaya V

Dikisahkan pemandu pendakian Gunung Lawu, Ari Budi (45 tahun), mitos burung jalak di Gunung Lawu itu dikaitkan dengan cerita moksanya Brawijaya V, raja Majapahit terakhir. Brawijaya yang waktu itu sedang dikejar pasukan Demak, naik ke Lawu dikawal Sabdo Palon, Dipa Manggala, dan Wongso Menggala.

Brawijaya V dipercaya moksa di Hargo Dalem (puncak Gunung Lawu). Sementara itu, Dipa Manggala dititahkan menjadi Sunan Lawu yang bertugas menjaga Lawu. Wangsa Menggala itulah mendapatkan julukan Kyai Jalak. Sejak itu pula dikaitkan dengan banyak ditemukannya burung jalak di kawasan Lawu.


2. Mitos burung jalak Lawu sudah lama muncul

Mitos burung jalak di Gunung Lawu yang menuntun pendaki itu sudah ada sejak lama. Ari Budi, salah satu pemandu pendakian Gunung Lawu, menyebut mitos itu ada jauh sebelum dia mulai mendaki gunung pada 1991.

3. Yang menangkap jalak Lawu akan sial

Meski banyak ditemukan di kawasan Gunung Lawu, burung jalak tidak sekali pun pernah ditangkap oleh pendaki. Dipercaya, pendaki akan mendapatkan nasib sial jika nekat menangkap burung ini.

4. Yang dituntun jalak Lawu mendapatkan berkah

Dipercaya, para pendaki yang diikuti dan ditunjukkan jalan menuju Hargo Dumilah (puncak Gunung Lawu) oleh burung jalak Lawu adalah para pendaki yang mendapat berkah dari Sunan Lawu.

Halaman berikutnya: Fakta burung jalak Lawu

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA