Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Mar 2021 13:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berburu Sunrise di Puncak Sakub Kaligua, Bak Negeri di Atas Awan

Imam Suripto
detikTravel
Kawasan Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, memiliki spot yang indah untuk berswafoto. Tempat itu adalah puncak Sakub yang memiliki ketinggian 2050 mdpl dan berhawa dingin.
Foto: (Imam Suripto/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Kebun Teh Kaligua memiliki spot yang indah untuk berswafoto. Tempat itu adalah Puncak Sakub yang memiliki ketinggian 2050 mdpl dan berhawa dingin.

Puncak Sakub berada di kawasan Kebuh Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Lokasi kebun ini berjatak 15 km dari pertigaan Kaligua di ruas Jalan Tegal Purwokerto.

Menuju ke lokasi Sakub ini, wisatawan perlu mobil khusus yang bergardan tinggi. Atau bisa menyewa mobil milik Kebun Teh Kaligua.

Kawasan Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, memiliki spot yang indah untuk berswafoto. Tempat itu adalah puncak Sakub yang memiliki ketinggian 2050 mdpl dan berhawa dingin.Kawasan Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari Foto: (Imam Suripto/detikcom)

Supervisor Agrowisata Kebun Teh Kaligua, Suroso mengatakan, wisatawan bisa memakai mobil bak terbuka dengan kapasitas 7 orang dan truk yang bisa menampung 20 sampai 30 orang.

"Kalau bak terbuka dan truk kami bisa siapkan. Biaya sewa bak terbuka Rp.300 ribu sedangkan truk Rp.350 ribu. Bagi yang mau pakai mobil sendiri boleh, asal gardannya tinggi," ujar Suroso, Senin (29/3/2021).


Bagi wisatawan yang akan menuju Puncak Sakub, disarankan berangkat dari vila sekitar pukul 04.30. Sehingga setiba di lokasi bisa menikmati sunrise di ufuk timur.Perjalanan dari tempat penginapan (vila) memakan waktu sekitar 55 menit. Selama menempuh perjalanan, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah hamparan kebun teh dan segarnya udara alam pegunungan.

Kawasan Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, memiliki spot yang indah untuk berswafoto. Tempat itu adalah puncak Sakub yang memiliki ketinggian 2050 mdpl dan berhawa dingin.Kawasan Kebun Teh Kaligua Desa Pandansari Foto: (Imam Suripto/detikcom)

Puncak Sakub ini memiliki ketinggian 2050 mdpl. Spot ini merupakan titik tertinggi di kawasan kebun teh Kaligua. Selain hawanya cukup dingin, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang sangat menawan.

Lokasi ini sangat cocok untuk berfoto ria. Hamparan awan putih terlihat berada di bawah Puncak Sakub. Dari lokasi ini pula, puncak Gunung Slamet sangat terlihat jelas.
Berfoto di spot ini seakan berada di atas awan.

"Kebanyakan wisatawan yang datang adalah untuk memburu sunrise. Tapi yang tidak kalah bagus adalah hamparan awan di bawah Puncak Sakub. Jadi kira ini serasa berada di atas awan," pungkasnya.



Simak Video "Kebun Teh Hitam Kaligua Sejak Jaman Kolonial di Desa Pandansari Paguyangan Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA