Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Apr 2021 15:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik Dilarang, Lepas Rindu Kampung Bisa di Desa Wisata Bogor

Putu Intan
detikTravel
Kampung tematik Ciharashas, Harjamulya, Kota Bogor atau yang biasa dikenal Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, menyajiikan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan nan instagramable. Nggak percaya? Tengok aja nih.
Desa Wisata Mulyaharja di Bogor. Foto: Rachman/detikcom
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Jika traveler rindu suasana pedesaan, bisa nih berkunjung ke desa-desa wisata di Bogor.

Salah satu desa wisata yang menawarkan keasrian alam dan keramahan masyarakatnya adalah Desa Wisata Batulayang. Desa ini terletak di Kecamatan Cisarua.

Atraksi utama dari desa ini adalah tempat perkemahan mewah atau glamping dengan fasilitas lengkap namun berada di tengah alam. Perkemahan itu bernama Ujung Rimba Camp yang langsung dikelola oleh warga sekitar.

Di perkemahan ini, traveler tak cuma bisa menginap. Fasilitas rekreasi yang bisa dinikmati adalah outbond, kolam renang, hingga bermain air di curug setempat.

Desa Wisata BatulayangDesa Wisata Batulayang. Foto: Putu Intan/detikcom

Desa Wisata Batulayang ini juga sudah mendapatkan sertifikat sebagai desa wisata berkelanjutan. Artinya, desa ini telah menerapkan wisata ramah lingkungan melalui pengolahan sampah secara moderen oleh masyarakat setempat.

Desa wisata lainnya yang juga dapat menjadi alternatif pulang kampung adalah Kampung Tematik Mulyaharja. Nah, kalau desa yang satu ini akan menawarkan pemandangan sawah cantik yang pesonanya tak kalah dengan Ubud, Bali.

Kampung tematik Ciharashas, Harjamulya, Kota Bogor atau yang biasa dikenal Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, menyajiikan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan nan instagramable. Nggak percaya? Tengok aja nih.Kampung tematik Ciharashas, Harjamulya, Kota Bogor atau yang biasa dikenal Agro Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, menyajiikan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan nan instagramable. Nggak percaya? Tengok aja nih. Foto: Rachman_punyaFOTO

Berbagai kegiatan wisata dapat traveler lakukan, mulai dari mempelajari cara bercocok tanam, menikmati nasi liwet di tengah sawah, hingga berburu foto instagramable.

Kemudian, desa ketiga yang dapat traveler sambangi adalah Desa Wisata Rancamaya. Nah, kalau desa yang satu ini cocok banget untuk traveler yang hobi makan durian.

Desa Wisata RancamayaDesa Wisata Rancamaya. Foto: Putu Intan/detikcom

Ya, Desa Wisata Rancamaya merupakan penghasil berbagai macam durian berkualitas. Selain dapat mencicipi durian yang manis, di sana juga terdapat Amfiteater Rancamaya yang menjadi tempat berlangsungnya pementasan seni.

Itulah sejumlah desa wisata di Bogor yang dapat menjadi destinasi alternatif saat mudik dilarang. Walaupun objek wisata tetap buka saat libur Lebaran, traveler tetap harus menjalankan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.



Simak Video "Serunya Berkeliling Desa Naik Gerobak Sapi, Halmahera "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA