Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Mei 2021 07:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Ramah Kantong

Putu Intan
detikTravel
Jakarta punya alternatif tempat wisata yang sejuk dan bebas asap polusi selain mal. tempat wisata itu adalah hutan kota di kawasan Gelora Bung Karno. Penasaran?
Hutan Kota GBK. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Memasuki akhir pekan di bulan Ramadhan, ada banyak kegiatan seru yang dapat traveler lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya, mengunjungi tempat wisata yang selain murah, juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Berikut detikcom rekomendasikan 5 tempat ngabuburit di Jakarta yang ramah kantong:

1. Hutan Kota Arboretum

Mau ngafe sekaligus menikmati sejuknya alam? Tak perlu jauh-jauh ke Puncak, karena nuansa serupa dapat ditemui di Hutan Kota Arboretum Jakarta.Mau ngafe sekaligus menikmati sejuknya alam? Tak perlu jauh-jauh ke Puncak, karena nuansa serupa dapat ditemui di Hutan Kota Arboretum Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho

Traveler butuh melihat yang hijau-hijau dan menghirup udara segar? Cocok nih datang ke Hutan Kota Arboretum yang terletak di kawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senayan, Jakarta Pusat.

Di hutan seluas 4 hektar ini, traveler dapat berjalan-jalan, mempelajari jenis-jenis tanaman, atau sekadar duduk-duduk di bawah pohon yang rindang. Di sana juga berdiri sebuah kafe bernama Arborea Cafe yang menyajikan aneka makanan dan minuman sehingga traveler yang ingin berbuka puasa tak perlu jauh-jauh mencari kuliner.

Untuk masuk ke area hutan kota ini, traveler tak dipungut biaya alias gratis. Cukup siapkan budget minimal Rp 20 ribu jika ingin kulineran di Arborea Cafe.

2. Kota Tua

Para wisatawan lokal menikmati suasana kota tua di Kawasan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (3/4/2021). Menurut data BPS yang dirilis Kamis (1/4/2021) jumlah kunjungan wisman turun 86,59% ketimbang Februari tahun lalu. Salah satu alasannya karena masa pandemi Covid-19.Para wisatawan lokal menikmati suasana kota tua di Kawasan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (3/4/2021). Menurut data BPS yang dirilis Kamis (1/4/2021) jumlah kunjungan wisman turun 86,59% ketimbang Februari tahun lalu. Salah satu alasannya karena masa pandemi Covid-19. Foto: Ari Saputra

Tempat ngabuburit di Jakarta selanjutnya adalah kawasan wisata sejarah dan edukasi Kota Tua. Traveler yang ingin ngabuburit sambil berburu foto Instagramable, bisa banget mampir ke sini.

Selain banyak bangunan bersejarah yang estetik, di sana juga ada sejumlah museum yang menyediakan berbagai informasi. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

3. Taman Menteng

Sejumlah anak bermain di air mancur Taman Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2019). Anak anak ini dalam rangka mengisi hari libur sekolahnya.Sejumlah anak bermain di air mancur Taman Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2019). Anak anak ini dalam rangka mengisi hari libur sekolahnya. Foto: Lamhot Aritonang

Wisata murah meriah lainnya adalah Taman Menteng di Jakarta Pusat. Taman ini memang jadi salah satu spot andalan warga Jakarta untuk bersantai di sore hari.

Traveler dapat memanfaatkan berbagai fasilitas olahraga di sana. Mulai dari lapangan basket hingga jogging track. Selain itu di sana juga banyak pedagang kaki lima yang siap menyediakan santapan untuk traveler berbuka puasa.

4. Setu Babakan

Belasan destinasi wisata di Ibu Kota terpaksa ditutup sementara imbas virus corona yang merebak. Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan juga ditutup. Foto: Muhammad Ridho

Wisata yang gratis lainnya adalah Setu Babakan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat wisata ini memadukan konsep alam dan budaya.

Untuk wisata alamnya, traveler dapat menikmati rindangnya pepohonan serta pemandangan danau yang ciamik. Selain itu, traveler juga dapat mempelajari budaya Betawi serta mencicipi aneka kuliner tradisional Betawi. Asyik, bukan?

5. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK menjadi alternatif wisata selain ke mal. Biasanya hutan kota itu menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore.Hutan Kota GBK menjadi alternatif wisata selain ke mal. Biasanya hutan kota itu menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore. Foto: Grandyos Zafna

Main ke Gelora Bung Karno (GBK) kurang pas bila belum berkunjung ke Hutan Kota GBK. Di sana traveler dapat bersantai menikmati taman seluas sekitar 4 hektar.

Asyiknya lagi, di sekitar GBK banyak kuliner yang dapat traveler cicipi. Jadi nggak perlu repot jika waktu berbuka sudah tiba.

Itulah rekomendasi tempat ngabuburit di Jakarta. Di masa pandemi COVID-19 ini traveler tak boleh lengah dalam menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama berwisata.



Simak Video "Lagi, Polisi dan Jemaah Muslim Bentrok di Yerusalem"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA