Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Mei 2021 11:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Curug Kiara Bogor, Trekingnya Picu Adrenalin

Kristina
detikTravel
Curug Kiara
Curug Kiara Foto: Instagram @idhayhidayat
Bogor -

Bogor terkenal dengan keindahan wisata alam yang masih perawan. Salah satunya Curug Kiara.

Curug kiara terletak di Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Curug ini berada di kawasan kaki Gunung Menir, sehingga sering disebut dengan Curug Kiara Gunung Menir.

Dalam bahasa Indonesia, curug merupakan air terjun. Orang Jawa sering menyebutnya dengan kata curug. Hingga hari ini, curug masih populer untuk menyebut wisata air terjun di beberapa wilayah Jawa.

Seperti dirangkum detikcom, Curug Kiara memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang cukup deras. Curug ini diapit dua tebing yang menjulang tinggi dengan dikelilingi pepohonan asri.

Untuk menuju ke sana, traveler harus berjalan kaki dengan treking terbilang cukup memicu adrenalin. Pasalnya, traveler harus melewati 30 anak tangga yang cukup curam dengan ketinggian 10 meter. Tangga tersebut terbuat dari bambu dan kayu. Sehingga, harus hati-hati terlebih saat musim hujan.

Traveler juga akan melewati jalan yang bebatuan dan agak licin. Pastikan traveler mengenakan pakaian yang sesuai dengan medan. Disarankan untuk memakai jaket untuk melindungi tubuh dari gesekan-gesekan selama treking. Perjalanan dari tempat parkir akan memakan waktu kurang lebih 25 menit.

Curug KiaraCurug Kiara Foto: Instagram @idhayhidayat

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Curug Kiara, pastikan dalam keadaan tubuh yang fit. Di sekitar lokasi, cukup sulit untuk menemukan warung makan. Untuk itu traveler bisa membawa bekal untuk perjalanan. Tiket masuk Curug Kiara sebesar Rp.10.000 dengan parkir Rp.5.000.

Rute perjalanannya dapat ditempuh melewati jalur Ciampea atau langsung Ciasihan. Traveler dapat mengikuti arah dari Google Maps untuk menuju ke sana. Apabila kesulitan dalam mengakses GPS, traveler dapat bertanya kepada penduduk sekitar.

Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke curug adalah pagi hari. Untuk mendapatkan debit air yang lebih deras, dapat mengunjungi saat musim penghujan tepatnya setelah turun hujan.

Curug Kiara terletak di kawasan Halimun Salak II Gunung Menir. Traveler bisa mengunjungi beberapa curug yang letaknya berdekatan dengan Curug Kiara. Di antaranya Curug Emas, Curug Seribu, Curug Ciparay, dan Curug Walet.



Simak Video "Curug Karembong, Air Terjun Tersembunyi di Subang yang Bentuknya Mirip Selendang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA