Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Mei 2021 09:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dari Bekasi Sampai Bogor, Ini 5 Curug Indah Buat Mengisi Weekend

Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda.
Curug Parigi di Bekasi (Andi Saputra/detikcom)
Bogor -

Kawasan Jawa Barat menyimpan banyak curug atau air terjun indah. Berikut lima yang bisa jadi rekomendasi untuk mengisi weekend kamu.

Mulai dari Bekasi yang dekat dari Jakarta hingga Cianjur dan Bogor, masing-masing daerah menyimpan pesona air terjun yang bisa jadi pilihan untuk wisata akhir pekan. Lokasinya yang outdoor pun tentu aman dari COVID-19.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (26/4/2021), berikut curug di Jabar yang jadi rekomendasi untuk weekend ini:

1. Curug Parigi

Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda.Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda. Foto: Andi Saputra

Di Bantargebang, Bekasi, ada air terjun yang bentuknya seperti versi mini dari air terjun Niagara di Amerika. Berhubung letaknya berada tidak jauh dari TPU Bantargebang, tidak sedikit juga yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Bantargebang.

Sekilas Curug Parigi pun terlihat seperti Air Terjun Niagara di AS, hanya saja adalah versi mininya. Alasannya, terdapat patahan besar yang seakan memotong sungai dan menciptakan air terjun mini. Tinggi air terjunnya pun diperkirakan hanya sekitar dua meter saja.

Curug Parigi dulunya adalah sungai yang dikeruk. Pasir habis, akhirnya jadilah curug ini. Keindahan curug sangat ditentukan oleh debit air yang mengalir di sungai. Saat musim hujan seluruh sisi curug akan dialiri air, bahkan hingga rata permukaannya.

2. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak di BogorCurug Cikaracak di Bogor Foto: Muhammad Idris/d'Traveler

Berlokasi di kaki Gunung Gede Pangrango, Curug Cikaracak terletak di Dusun Cibeling, Kabupaten Bogor. Dari Kota Bogor, jaraknya sekitar 25 Km.

Untuk mencapai lokasinya, dari Dusun Cibeling kamu masih harus trekking sekitar 2,5 jam untuk mencapai Curug Cikaracak. Panorama persawahan menghiasi mata di sepanjang perjalanan.

Secara teknis, Curug Cikaracak memiliki tinggi 40 meter. Di dasarnya juga terbentuk kolam segar yang bisa untuk pengunjung berenang.

3. Curug Panjang Mega Mendung

Sesuai namanya, Curug Panjang berada di kawasan Mega Mendung, Desa Citamiang, Cisarua, Puncak. Diketahui, curug yang satu ini menjadi bagian dari lereng Gunung Paseban.

Uniknya, Curug Panjang sedikit berbeda dengan air terjun apa umumnya. Air terjun yang satu ini berbentuk memanjang layaknya seluncuran.

Hanya perlu diketahui, traveler tak diperbolehkan untuk bermain seluncur di Curug Panjang. Alasannya, tepat di bawah air terjun terdapat pusaran air yang bisa jadi berbahaya apabila didekati.

Namun, traveler tetap bisa bermain air di kolamnya dengan ban pelampung. Fakta menarik lain, kolamnya memiliki kedalaman hingga 7 meter loh.

4. Curug Cikondang

Curug CikondangCurug Cikondang Foto: (dok. Istimewa/Disparbud Jabar)

Cianjur tak hanya terkenal dengan padinya saja, tapi juga curug nan indah. Salah satunya adalah Curug Cikondang yang terletak di Desa Sukadana.

Curug Cikondang diketahui memiliki tinggi 50 meter dan lebar hampir 30 meter. Atas hal itu, Curug Cikondang juga dijuluki sebagai Niagara mini.

Selain itu, Curug Cikondang juga berdekatan dengan situs Gunung Padang yang tersohor. Bisa jadi opsi saat berwisata ke Cianjur.

5. Curug Pangeran

Ini Curug Pangeran, yang Segar-segar Masih dari BogorIni Curug Pangeran, yang segar-segar masih dari Bogor Foto: (Taty Harlini/d'travelers)

Kembali ke Bogor, ada Curug Pangeran yang terletak di kawasan wisata Gunung Bundar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Air terjun yang satu ini punya ketinggian sekitar 6 meter.

Berada di hulu Gunung Salak, Curug Pangeran diberkahi dengan air yang jernih dan mempesona. Akses menuju lokasi juga terbilang dekat.

Untuk mencapainya, traveler harus lebih dulu masuk ke kawasan TN Gunung Halimun Salak. Obwis ini juga buka dari pagi sampai sore.



Simak Video "Siap-siap, Ada Wahana Baru Buat Adrenaline Junkie di Bogor!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA