Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Mei 2021 06:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lihat Lagi Satu-satunya Curug Kebanggaan Warga Bekasi Ini

Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda.
Curug Parigi di Bekasi (Andi Saputra/detikcom)
Bekasi -

Bekasi tak hanya identik dengan macet atau kawasan pabrik. Di Bantargebang, ada satu curug yang mungkin adalah satu-satunya di Bekasi.

Mungkin ada traveler yang belum tahu, kalau Bekasi punya air terjun sungguhan yang sempat viral beberapa waktu lalu. Namanya adalah Curug Parigi, detikTravel pun pernah berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Berada di Jalan Raya Narogong yang tak jauh dari TPU Bantargebang, tersembunyi air terjun asli Bekasi tersebut. Letaknya juga berseberangan dengan Perumahan Villa Nusa Indah 5 di sisi kanan.

Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda.Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara (Andi Saputra/detikTravel)

Di kalangan warga Bekasi, nama air terjun yang satu ini memang telah populer sejak tahun 2015 silam. Dahulu, air terjun ini disebut sebagai pangkalan 5 yang merujuk penomoran bekas lokasi penambangan pasir.

Penamaan Pangkalan 5 yang menjadi lokasi Curug Parigi pun didasarkan pada istilah pangkalan truk pasir yang terbagi dari 1 hingga 9 di sepanjang Jalan Narogong. Adapun aktivitas penggalian pasir di Pangkalan 5 terhenti setelah dibangun Perumahan Villa Nusa Indah 5 yang terletak di sisi lain Curug Parigi.

Hanya berbeda dengan air terjun kebanyakan yang mengalir dari ketinggian, Curug Parigi hanya memiliki tinggi sekitar dua meter dan memanjang. Sekilas, aliran sungai yang mengalir dan melebar dari atas ke bawah membuatnya tampak seperti Air Terjun Niagara versi mini.

Warga kerap menyebut Curug Parigi di Kota Bekasi sebagai miniatur Niagara. Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda.Sejumlah warga kerap mengunjungi ini lokasi ini sambil bersepeda (Andi Saputra/detikTravel)

Biasanya warga sekitar datang ke Curug Parigi pada sore hari atau weekend untuk bersantai dari rutinitas. Bahkan tidak sedikit juga anak-anak sekitar yang biasa berenang dan main air di Curug Parigi.

Hanya perlu diketahui, debit air di Curug Parigi bisa meningkat seiring dengan intensitas air di sungai saat musim hujan. Traveler pun diimbau untuk berhati-hati saat berkunjung ke sana.

Adapun saat musim kemarau, debit air tak begitu deras dan traveler bisa berjalan hingga ke tengah sungai hingga turun ke bawah air terjunnya.

Dewasa ini, Curug Parigi juga populer di kalangan pesepeda Bekasi di momen weekend. Tak sedikit yang menjadikan air terjun itu sebagai salah satu perhentian di pagi hari.

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5 ribu saja per orang. Tarif itu di luar biaya parkir kendaraan.



Simak Video "Eksotisme Uai Turang, Air Terjun Mini di Majene"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA