Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Mei 2021 10:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kelud Jeep Adventure, yang Berjiwa Petualang Wajib Ikut Lur...

Erliana Riady
detikTravel
Kelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di Blitar
Kelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di Blitar (Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Kelud Jeep Adventure paket wisata yang cocok bagi traveler yang berjiwa petualang. Wisatawan bisa menikmati destinasi wisata ikonik Blitar dan merasakan perjalanan menegangkan menyusuri sungai aliran lahar Gunung Kelud.

Tawaran menarik itu dirilis Saya Tour untuk membuka jalur wisata off road dari sisi Kota Blitar. Dengan kendaraan memadai sekelas jip, wisatawan diajak berkeliling ke empat destinasi wisata. Pertama Istana Gebang, kedua Candi Penataran, ketiga Kali Bladak dan berakhir di areal parkir dekat puncak Gunung Kelud.

Yang berminat naik jip terbuka, bisa diisi tiga penumpang. Kalau mau lebih banyak teman yang gabung, bisa memilih jip tertutup dengan kapasitas lima orang. Traveler juga bisa menyewa satu unit jip lainnya.

"Kami memang baru launching Kelud Jeep Adventure ini. Ini inovasi dampak pandemi. Karena Kelud itu jalur utamanya melalui Kediri, jadi kami membuka jalur dari Blitar. Kendaraan yang dipakai touring menyesuaikan rute yang diminati. Kalau jalur off road pakai jip lebih menantang," kata pengelola Saya Tour, Yossytama Kurniawan kepada detikcom.

Kelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di BlitarKelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di Blitar Foto: Erliana Riady/detikcom

Titik kumpul pemberangkatan dari areal parkir Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) selatan Makam Bung Karno. Perjalanan pertama, menuju Istana Gebang yang merupakan rumah yang pernah ditinggali Ir Soekarno semasa muda.

Dari Istana Gebang, melewati jalan aspal perjalanan berlanjut ke Candi Penataran yang jaraknya sekitar 15 KM ke arah utara. Di sini, wisatawan bisa menikmati eloknya candi terbesar peninggalan Kerajaan Majapahit.

Berikutnya, siapkan mental karena perjalanan akan melintasi bukit, jurang dan lembah jalur off road menuju Kali Bladak. Lokasi ini merupakan sungai aliran lahar Gunung Kelud ketika terjadi erupsi. Awalnya jalanan makadam, lalu jalan berpasir dan batuan yang menonjol dan bergelombang.

Jalur makin ekstrim, ketika melintasi kawasan hutan dan perbukitan di kaki Kelud sisi selatan. Adrenalin akan terpacu dan mengalir kencang. Jadi, siapkan kekuatan tangan untuk berpegangan dan kekuatan hati untuk menatap terjalnya lintasan.

Hati akan riang gembira, ketika jip mulai memasuki Kali Bladak. Kita bisa bermain air jernih sekejap, sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Kelud. Aktivitas penambang pasir dengan ratusan truk bisa kita jumpai di sepanjang aliran Kali Bladak ini.

Rute berputar balik kanan. Jika semua lokasi Kali Bladak ke arah timur, maka perjalanan diteruskan balik kanan ke arah barat. Karena hanya itu jalur off road yang sudah terbuka menuju wilayah Ngancar, Kediri.

Kelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di BlitarKelud Jeep Adventure menambah ragam tawaran berwisata di Blitar Foto: Erliana Riady/detikcom

Di sini, padang savana dengan segala vegetasinya terpampang di depan mata. Suhu mulai terasa dingin, karena perjalanan kesana hampir menjelang petang. Namun jangan kuatir, paket wisata ini berbayar Rp 300 ribu per orang ini, termasuk makan dan asuransi kecelakaan.

"Saya dari Malang, ke sini bareng beberapa kolega. Paket wisata ini baru sesuatu yang menarik di Blitar. Sangat asyik, menegangkan, menyenangkan, sekaligus membahagiakan. Paket nano-nano kalau saya bilang. Dan, istimewa untuk treatment kolega saya dari luar kota," kata wisatawan asal Malang, Zaenal.



Simak Video "8 Jam Lebih KPK Geledah Kantor Dinas PUPR Pemkab Probolinggo, Apa Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA