Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Mei 2021 15:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Cikondang, Niagara Mini dari Cianjur

Tim detikcom
detikTravel
Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur.
Curug Cikondang Foto: Ismet Selamet/detikcom
Cianjur -

Disebut-sebut, keindahan dari Curug Cikondang disamakan dengan Niagara di Amerika sana. Seperti apa sih air terjun dari Cianjur ini?

Traveler yang suka dengan air terjun mungkin tidak asing dengan nama Curug Cikondang. Ini adalah salah satu air terjun cantik yang ada di Cianjur. Tepatnya di Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Asyiknya, berkunjung ke Curug Cikondang, kamu bisa sekaligus berkunjung ke Situs Purbakala Gunung Padang. Curug ini hanya berjarak 9,9 kilometer saja dari situs. Adapun, jika dari pusat kota Cianjur, jarak ke Curug Cikondang ini sejauh 37,1 kilometer dengan jarak tempuhnya sekitar 2 jam.

Menuju ke lokasi, traveler akan dimanjakan oleh hamparan kebun teh. Bila berangkat pagi hari, kabut tipis di pegunungan pun akan membalut hijaunya kebun dan membuat mata menjadi sejuk.

Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur.Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur ini bak air terjun Niagara. Tak heran kawasan ini jadi salah satu destinasi wisata andalan di Cianjur. Foto: Ismet Selamet/Detikcom

Sesampai di lokasi, traveler bisa meliat aliran Curug Cikondang mengalir setinggi 70 meter dengan lebar 10 meter. Sekedar informasi saja, kawasan curug ini sedang dalam pengembangan.

Beberapa waktu lalu, detikcom bertemu dengan Ketua Kompepar Curug Cikondang, Sundara Saputra. Dia mengatakan destinasi wisata yang menjadi zona pengembang Gunung Padang ini mulai dikelola sejak 2008 dan dikembangkan secara serius pada 2014.

"Awalnya melihat ada potensi wisata air terjun yang indah dan berada dengan situs Gunung Padang, pemuda kemudian berinisiatif untuk mengelola dan menatanya sehingga menjadi destinasi wisata prioritas baru di Cianjur," ujar dia, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya saat ini juga sudah dibuat beberapa spot foto khusus untuk wisatawan, mulai dari spot foto dengan latar belakang hati, hingga spot-spot yang akan membuat foto terlihat lebih instagramable. Selain itu, Kompepar juga mulai menyediakan homestay untuk wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Cikondang.

Ia menambahkan pihaknya juga menyediakan wisata khusus rappeling. Petugas dan alat khusus pun disiapkan bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Curug CikondangCurug Cikondang Foto: (dok. Istimewa/Disparbud Jabar)

Mitos dan mistis di Curug Cikondang


Curug Cikondang di Kampung Sindanghela, Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki berbagai mitos. Salah satunya, airnya dianggap sebagai pembawa ketenaran atau membuat populer.

Mitos itu sesuai dengan kata 'kondang' dalam nama Curug Cikondang yang berarti terkenal. Ci dimaknai sebagai air dalam bahasa Sunda. Masyarakat sekitar percaya, kalau mandi atau bersemedi di curug akan membuat tenar atau kondang.

Selain memiliki mitos membawa ketenaran, Curug Cikondang juga memiliki sisi mistis dengan berbagai sosok gaib yang berdiam di sana. Menurut Sundara, kerap terlihat sosok wanita dan beberapa sosok lainnya.

Namun di balik nuansa mistis yang menyelimutinya, Curug Cikondang adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi saat berkunjung ke Cianjur. Keindahan alam dan aliran air terjunnya sangat indah.



Simak Video "Perkuat Kerukunan, FKUB Cianjur Bentuk Kampung Toleransi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA