Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Mei 2021 14:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Ciparay, Pesona Air Terjun di Bawah Kaki Gunung Salak Bogor

Fahri Zulfikar
detikTravel
Curug Ciparay
Curug Ciparay Foto: (Erwin Sudrajat/d'traveler)
Bogor -

Jelang libur Hari Raya Waisak dan libur akhir pekan, berwisata ke Curug Ciparay Bogor bisa jadi pilihan. Curug ini tepat berada di kawasan Gunung Salak Endah (SGE).


Terletak di Kampung Menir, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, jalur menuju Curug Ciparay ini terbilang cukup mengasyikkan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang masih asri tanpa menggunakan kendaraan alias jalan kaki.


Tiket Masuk Murah

Pengunjung akan dikenakan dua tiket masuk yakni saat di jalur perjalanan menuju curug sebesar 15 ribu rupiah dan saat masuk kawasan wisata curug sebesar Rp 10 ribu.

Tak hanya wisata saat siang hari, pengunjung pun bisa menikmati suasana curug dengan bermalam di sana. Satu orang akan dikenakan biaya Rp 50 ribu per malamnya. Biaya itu sudah termasuk parkir kendaraan roda dua.


Pemandangan Serba Hijau

Berada di bawah kaki Gunung Salak juga membuat Curug Ciparay memiliki pemandangan yang serba hijau dari lebatnya keindahan hutan.

Tak hanya itu, tebing bebatuan yang mengelilingi curug serta tumbuhan liar yang memenuhi tebing juga menampilkan panorama yang sangat sayang jika tidak diabadikan.

Ditambah dengan sejuknya percikan air yang mengalir dari atas, membuat Curug ini pun sangat cocok dinikmati untuk melepas penat saat liburan. Bahkan kamu bisa bermain air yang cukup dingin untuk sekadar mencuci muka atau bahkan membasuh badan.


Cocok Dijadikan Trekking

Jarak antara tempat parkir dan area curug yang cukup memakan waktu, membuat wisata ini cocok untuk dijadikan trekking. Jalur yang berupa sedikit tanjakan dan turunan berbatu membuat perjalanan ke Curug Ciparay cukup menantang.

Apalagi buat para pecinta wisata trekking, jalanan yang berupa tanah merah dan dilalui saat musim hujan akan menimbulkan tantangan tersendiri. Namun, perjalanan itu tidak begitu terasa karena sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan panorama pepohonan dan tanaman yang indah.


Fasilitas yang Memadai

Jika biasanya wisata alam minim dengan fasilitas yang memadai, beda halnya dengan kawasan wisata di Bogor ini. Pasalnya di Curug Ciparay terdapat tempat parkir, toilet, mushola, warung, serta penginapan yang dibuat dari bambu.


Akses ke Curug Ciparay

Tak perlu khawatir jika pengunjung ingin berwisata dengan pasangan ataupun banyak orang karena wisata curug ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua.


Pengunjung dari Bogor Kota atau Stasiun Bogor bisa menuju ke jalur Dramaga-Cibanteng lalu dilanjutkan ke jalur Cibungbulang dan Cibatok hingga sampai di Kantor Kecamatan Pamijahan.

Setelah itu, akan ada pertigaan Pangkalan Gunung Picung.Pengunjung harus pilih jalur kanan untuk menuju ke pintu masuk wisata Curug Ciparay.

Bagi pengunjung yang sudah berniat pergi wisata ke Curug Ciparay, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik karena di sana terdapat banyak jalur menanjak yang harus dilalui. Selain itu, pastikan juga kondisi fisik dalam keadaan sehat agar perjalanan untuk menikmati keindahan curug bisa lancar.



Simak Video "Siap-siap, Ada Wahana Baru Buat Adrenaline Junkie di Bogor!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA