Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Sep 2021 15:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Trekking Jelajah Hutan sampai Menemukan Goa Misterius di Sentul

Putu Intan
detikTravel
Trekking Hutan Hujan Sentul
Trekking di Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Bogor -

Kawasan Sentul memiliki jalur trekking baru yang bermuara ke goa misterius. Ini pengalaman detikcom menyusuri jalur tersebut.

Trekking kini menjadi salah satu kegiatan yang diminati masyarakat urban untuk melepas penat. Tak cuma bermanfaat bagi kesehatan fisik, trekking juga dapat memperbaiki mood dan meredakan stres.

Nah, ada nih satu tempat trekking yang dapat traveler datangi. Lokasinya di Hutan Hujan Sentul yang terletak di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Untuk mencapainya juga mudah. Dari pintu keluar Tol Sentul Selatan, traveler menuju ke Sentul City. Kemudian ke arah tempat wisata Jungleland, dari sana ada sebuah jalan yang dapat disusuri selama 20 menit sampai menemukan tempat parkir Hutan Hujan Sentul.

Dari lokasi parkir, traveler perlu berjalan kaki sampai ke destinasi Hutan Hujan Sentul sekitar 15 menit. Dalam perjalanan itu, traveler akan disuguhi pemandangan sungai, melewati permukiman warga, dan kebun-kebun milik warga.

Sesampainya di Hutan Hujan Sentul, traveler akan disambut area sawah terasering yang hijau dan cantik. Sekilas bentuknya mirip seperti di Ubud, Bali.

Di sana tim detikcom bertemu dengan tour guide bernama Didi Harmadi. Didi merupakan warga asli Kampung Cigobang yang ikut merintis wisata di desanya.

Trekking Hutan Hujan SentulTrekking Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Didi memandu tim detikcom untuk menjelajahi kebun dan hutan dengan tujuan akhir adalah Goa Garunggang. Kebetulan, Didi juga merupakan penggagas pengembangan Goa Garunggang sebagai lokasi wisata, setelah sebelumnya goa ini terkubur selama jutaan tahun.

Trekking menuju Goa Garunggang terasa menyenangkan. Ini karena medannya relatif landai dan sudah dibuat jalan setapak yang memudahkan pejalan.

Di sepanjang jalan, detikcom melihat area persawahanan, kebun kopi, kebun singkong, hingga hutan pinus. Sesekali kami juga menyapa warga sekitar yang menjalankan aktivitasnya.

Salah satu spot memukau dalam trekking ini adalah puncak bukit di mana traveler dapat melihat pemandangan pegunungan yang luas. Hijaunya hutan dengan aliran sungai terlihat jelas dari sana.

Trekking Hutan Hujan SentulTrekking Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Spot ini sering menjadi lokasi foto bagi wisatawan. Selain spot tersebut, Didi menjelaskan masih ada spot-spot lainnya yakni Bukit Permata, Bukit Kecapi, dan Bukit Ilalang.

Selanjutnya: menemukan goa misterius

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA