Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Sep 2021 13:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Spesial Buat Anker! Ini 17 Wisata Sekitar Stasiun Jakarta Kota

Syanti Mustika
detikTravel
Pengguna KRL di Jakarta tentu tak asing dengan Stasiun Jakarta Kota. Banyak hal menarik tentang stasiun yang dulunya dipanggil Stasiun Beos itu lho.
Foto: Pradita Utama

11. Kawasan Pecinan Glodok

Kamu yang masih kuat jalan bisa nih melaju lagi ke Pecinan Glodok untuk wisata kuliner dan menikmati suasana China di sini. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Petak Sembilan, Vihara Dharma Bakti, hingga Gereja Santa Maria de Fatima.

Pantjoran Tea HousePantjoran Tea House di Pecinan Glodok ( Foto: Bayu Fitri Hutami/d'Traveler)

12. Pelabuhan Sunda Kelapa

Dirunut sejarahnya, Pelabuhan Sunda Kelapa sangat berperan penting untuk Indonesia. Orang asing datang ke Indonesia melalui Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pedagang dari Tiongkok berlayar dengan membawa barang kerajinan berupa keramik dan kain sutera untuk ditukar dengan rempah-rempah. Sedangkan pedagang dari India dan Arab datang membawa kain dan minyak wangi untuk ditukar dengan rempah-rempah.

Saat ini aktivitas di Pelabuhan Sunda Kelapa masih digunakan dan beroperasi sebagai dermaga transportasi laut. Lokasi ini juga dijadikan sebagai spot foto yang menarik bagi para pengunjung.

13. Ragam jajanan

Kamu akan mudah menemukan jajanan setelah keluar Stasiun Jakarta Kota. Ada ragam gorengan, buah segar, kerak telor, soto, bakso, ketoprak, keripik, minuman dingin dan sebagainya.

14. Magic Art 3D Museum

Magic Art 3D Museum dibuka di Jakarta pada tahun 2018 silam. Area Magic Art 3D Museum Jakarta cukup luas dan memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi 3 dimensi.

Jumlah lukisan unik tersebut memang cukup banyak. Satu per satu, semuanya dilukis tangan langsung oleh para pelukis dari Korea dan Indonesia. Lukisan-lukisan tersebut tersebar sesuai zona yang ada di berbagai ruangan museum. Beberapa zonanya antara lain Zona Lukisan, Zona Satwa, Zona Laut, Zona Rutinitas, Zona Dinosaurus, Zona Petualangan dan Zona Horror.

Setelah sempat tutup akibat pandemi COVID-19, Magic Art 3D Museum, Kota Tua, Jakarta, kembali dibuka. Yuk lihat.Setelah sempat tutup akibat pandemi COVID-19, Magic Art 3D Museum, Kota Tua, Jakarta, kembali dibuka. Yuk lihat. Foto: Rifkianto Nugroho


15. Acaraki Jamu

Kamu yang ingin minum jamu bergaya modern datang saja ke Acaraki Jamu. Kamu bisa menikmati ragam jamu, namun bergaya cafe dan lebih modern.

[Gambas:Instagram]




16. Historia Food and Bar

Restoran ini terkenal dengan sajian khas nusantaranya. Menunya sangat dekat dengan kita, ada pempek, juga bakwan jagung. Ada pula jalangkote, dan nasi sayur babanci, yang termasuk langka dan sulit ditemukan pada saat sekarang ini.

Di dalam restoran, kamu bisa melihat deretan topples yang berisi aneka rempah-rempah. Ternyata dulunya di gedung yang menjadi lokasi restoran ini gedung bekas tempat untuk menyimpan aneka macam rempah-rempah di jaman penjajahan kolonial Belanda dulu.

17. Kedai Seni Djakarte

Dari namanya kita bisa menebak jika menu kedai ini makanan Betawi. Selain makanan, bentuk bangunan ini juga unik dengan jendela khas Belanda dahulu. Dalam kedai banyak lukisan-lukisan karya pelukis lokal sebagai hiasan dindingnya di Kedai Seni Djakarte ini. Aneka menu makanan khas kuliner nusantara bisa dicicipi di Kedai Seni Djakarte ini kok.

kedai seni djakartekedai seni djakarte Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Tapak Tilas Bangunan Estetik Bersejarah Stasiun Jakarta Kota"
[Gambas:Video 20detik]

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA