Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Okt 2021 15:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Bogor, Cobain Menyusuri Sungai, Mandi di Curug Leuwi Asih

Luthfi Hafidz
detikTravel
Berjalan Menyusuri Sungai Dan rasakan segarnya Curug Leuwi Asih
Foto: Curug Leuwi Asih (Luthfi hafidz/detikcom)
Bogor -

Wisata di Bogor memang selalu menarik. Bogor yang kaya dengan kekayaan alam dilalui oleh aliran sungai yang membuatnya cocok dijadikan tempat untuk berelaksasi.

Curug adalah air terjun dalam Bahasa Sunda, berwisata ke curug menjadi sesuatu yang menyenangkan karena airnya yang jernih dan segar mampu menyejukkan jiwa dan raga. Salah satu curug yang sedang ngehits adalah Curug Leuwi Asih.

Berjalan Menyusuri Sungai Dan rasakan segarnya Curug Leuwi AsihBerjalan Menyusuri Sungai Dan rasakan segarnya Curug Leuwi Asih Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Terlebih saat pandemi sedang berlangsung seperti sekarang, kegiatan outdoor seakan menjadi primadona bagi masyarakat. Seperti bersepeda, berkemah, mendaki gunung, dan berbagai kegiatan lainnya yang dilakukan di luar rumah.

Mungkin traveler mulai jenuh karena berada di rumah saja sehingga ingin melakukan kegiatan di luar rumah tetapi yang menyehatkan dan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu yang sekarang lagi nge-trend banget adalah hiking ceria di kawasan Sentul. Area pegunungan di kabupaten Bogor tersebut memang menyimpan pesona yang layak banget dijelajahi.

Di antara rute hiking yang ada, rute curug Leuwi Asih adalah paling favorit sebab cocok banget buat para newbie untuk berwisata di Bogor. Curug ini cocok untuk menjadi wisata keluarga dengan membawa anak-anak karena trekking menuju lokasi tidak terlalu jauh.

Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada sekitar 6 km di dekat kawasan wisata Jungle Land Sentul yang terkenal. Curug Leuwi Asih tepatnya terletak di Kampung Wangun Landeuh Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Berjalan Menyusuri Sungai Dan rasakan segarnya Curug Leuwi AsihBerjalan Menyusuri Sungai Dan rasakan segarnya Curug Leuwi Asih Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Curug Leuwi Asih Babakan Madang ini bisa didatangi melalui Sentul City yang tentunya melewati Jungle Land, tetapi bisa juga melalui dalam atau jalan Gunung Pancar.

Waktu pagi hari adalah saat yang tepat bagi para traveler yang ingin memulai aktivitas di tempat wisata ini. Selain itu jalur juga sudah dibuat khusus untuk pendakian yang tidak terlalu melelahkan dan juga tergolong tidak ekstrem.

Jadi untuk para traveler yang ingin membawa pasangan, atau keluarga tidak perlu khawatir karena jalur yang akan dilalui dapat terbilang mudah. Dengan melewati bukit kecil dengan pemandangan indah, hutan pinus, persawahan, air terjun Leuwi Asih dan menyusuri pinggir sungai.

Di Curug Leuwi Asih, di tengahnya juga ada kolam air berhiaskan batu-batu besar dengan warna air segar. Di sekitarnya juga ditumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga suasananya pun terasa begitu sejuk dan menyegarkan.

Untuk para traveler yang ingin berkunjung, disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor, karena untuk akses jalan menuju tempat ini cukup sulit terlebih jalan yang akan dilalui sempit jadi untuk traveler yang membawa mobil akan kesulitan melewatinya.

Terlebih, jika sudah datang waktu liburan maka tempat ini akan dipenuhi oleh para wisatawan lain yang membuat akses jalan menjadi macet. Menuju Babakan Madang Sentul dengan jalanan yang menanjak terus hingga sampai di destinasi wisata ini.

Nikmati saja perjalanannya karena pemandangan di kanan dan kiri jalan sangat indah.

Untuk para traveler tidak perlu khawatir bila hendak mencari makanan atau minuman, karena terdapat warung-warung makanan dan saung-saung yang bisa disewa. Harga makanan yang dijual juga masuk akal dan tergolong murah karena tidak ada unsur tembak harga. Jika berwisata ke curug Leuwi Asih ini, tidak perlu repot membawa bekal makanan dan minuman.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT