Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Okt 2021 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Um, Pulau Kecil di Papua Barat yang DIhuni Ribuan Kelelawar

Pulau Um
Foto: Pulau Um (Antara)
Sorong -

Sebuah pulau kecil di Papua Barat menjadi tempat tinggal bagi ribuan kelelawar. Namanya Pulau Um.

Pulau Um berada di Kampung Malaumkarta Raya, Kabupaten Sorong. Um berarti kelelawar, jadi Pulau Um adalah Pulau Kelelawar. Namun pulau ini juga dihuni oleh burung cenderawasih dan kanguru pohon.

Pulau Um kini menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Warga Malaumkarta juga mendapat manfaat ekonomi dari kegiatan pariwisata di pulau itu. Mereka bias menyewakan perahu kepada wisatawan yang hendak menuju Pulau Um.

"Jauh sebelum Pulau Um ramai dikunjungi wisatawan, warga Malaumkarta Raya tidak mengganggu tempat istirahat kelelawar di siang hari dan membiarkan mereka berkembang biak hingga sekarang," kata Ketua Penggiat Konservasi Malaumkarta Raya untuk Masyarakat Hukum Adat Suku Moi Robert Kalami di Sorong seperti dikutip dari Antara.

Pemuda kampung Malaumkarta, Hermanus Do, mendapat tambahan penghasilan dengan menyediakan perahu tradisional untuk melayani wisatawan menuju dan kembali dari pulau Um.

"Jika ramai kunjungan dalam satu hari masyarakat penyerta jasa transportasi perahu tradisional bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 700 ribu, bahkan lebih," kata Hermanus.

Warga Malaumkarta Raya umumnya tak mengganggu populasi kelelawar dan satwa luar seperti burung cenderawasih dan kanguru pohon. Hal itu dilakukan karena menyadari pentingnya menjaga keanekaragaman hayati untuk keturunan mereka di masa depan.

"Jangan kita tinggalkan air mata bagi anak cucu kita, tapi tinggalkan mata air bagi anak cucu kita nanti," dia menambahkan.

Masyarakat sekitar juga sepakat menggunakan sistem sasi laut, yaitu larangan menangkap jenis fauna laut tertentu di sebuah kawasan dalam jangka waktu tertentu yang disepakati.



Simak Video "Sempat Dihancurkan KNPB, 2 Jembatan di Papua Barat Dibangun Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA