Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 22:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Bakukung Bogor, Ada Banyak Tempat Menarik, Tiketnya Pun Murmer

Luthfi Hafidz
detikTravel
Puas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata Bakukung
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)
Bogor -

Untuk traveler yang sedang ingin refreshing namun tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor sebaiknya mengunjungi tempat wisata Bakukung ini. Ada apa saja sih?

Wisata Bakukung terletak di Purasari, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk kesana wisatawan dapat menggunakan 2 opsi yaitu melewati Jl. Raya Leuwiliang- Bogor dengan jarak tempuh 1 jam 26 menit dan melalui Jl. Atang Senjaya dengan jarak tempuh 2 jam.

Harga tiket masuk ke Wisata Bakukung yaitu berkisar Rp 5.000. Wisata Bekukung beroperasional dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.
Wisata Bakukung mencuri perhatian para wisatawan dan para pecinta fotografi karena tempat yang unik dan estetik untuk postingan pada laman media sosial mereka.

Puas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata BakukungPuas Berfoto di Wisata Bakukung Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Hingga detik ini, wisata Bakukung masih mencuri perhatian wisatawan, beberapa faktor yang menjadikan wisata Bakukung unggul dan dapat bersaing dengan destinasi wisata lainnya yaitu:

1. Terdapat terowongan kebun teh yang merupakan peninggalan belanda
2. Pohon pinus yang berbaris rapih sehingga menciptakan latar yang instagramable,
3. Pemandangan yang indah,
4. Sky tree dengan jembatan kayu,
5. Jembatan cinta berbentuk hati,
6. Flying fox, dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Wisata Bakukung

Harga tiket masuk ke Wisata Bakukung yaitu berkisar Rp 5.000. Wisata Bekukung beroperasional dari pukul 09.00 - 17.00 WIB. Harga tiket tersebut berlaku untuk hari Senin - Minggu. Bagi wisatawan yang jarak tempuhnya cukup memakan waktu, di sekitar Wisata Bakukung terdapat beberapa pilihan penginapan yang bisa wisatawan ambil.

Objek unggulan Wisata Bakukung adalah sky tree dan jembatan cinta. Biasanya, wisatawan yang datang lebih banyak berumur 20 tahun. Mereka berpose dengan latar belakang sky tree yang indah untuk dijadikan unggahan pada laman media sosial.

Puas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata BakukungPuas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata Bakukung Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Masih banyak lagi spot foto yang dapat digunakan seperti pada terowongan kebun teh tidak kalah estetik dan romantis untuk dijadikan latar belakang foto para wisatawan. Tetapi akses yang dilalui cukup terjal dan curam, maka dari itu sebaiknya hindari bepergian ketika sedang musim hujan karena trek yang cukup licin ketika hujan tiba.

Hal lainnya yang diingatkan kepada para traveler nanti adalah jangan lupa untuk selalu mengecek kendaraan kalian sebelum pergi ke tempat Wisata Bakukung ini. Wisata Bakukung menawarkan beberapa objek wisata dengan harga murah yang dapat wisatawan nikmati.

Selanjutnya, kekurangan Wisata Bakukung

Selain hal-hal di atas, kekurangan Wisata Bakukung adalah masih banyak calo yang berada sebelum tempat wisata ini, hal ini tentunya cukup meresahkan bagi para pengunjung. Saran dari kami jika wisatawan bertemu calo, sebaiknya menolak tegas karena bisa membahayakan diri sendiri dan wisatawan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada yang seharusnya.

Kemudian kondisi sinyal disini juga kurang baik karena lokasinya yang berada diantara perbukitan dan hutan-hutan. Untuk traveler yang ingin share story secara live, mungkin hal ini tidak bisa dilakukan karena sinyal yang kurang kuat di lokasi ini.

Puas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata BakukungPuas Berfoto Dengan Pemandangan Gunung Salak Wisata Bakukung Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Dan yang paling penting, apabila traveler membawa anak di bawah umur sebaiknya selalu didampingi karena mengingat banyak tebing yang curam dan tinggi, di mana hal tersebut bisa membahayakan. Tak hanya itu, tebing Wisata Bakukung terletak di wilayah yang banyak pepohonan, jadi ada kemungkinan wisatawan bertemu binatang.

Bagi para orang tua yang membawa anak alangkah baiknya jika selalu dipantau untuk mencegah tersesat atau terancam dengan binatang yang tidak diinginkan. Selain itu perlu diwaspadai jika wisatawan pergi saat musim hujan, mengingat Wisata Bakukung terdapat beberapa objek yang membahayakan.

Sehingga, sebisa mungkin wisatawan sudah mempersiapkan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi, seperti pada objek foto sky tree, wisatawan diminta lebih berhati-hati karena area pijakan jalan yang mungkin akan licin dan sebaiknya jika ingin menikmati wahana flying fox wisatawan juga harus memeriksa kembali kondisi cuaca, peralatan yang tersedia.

Apabila kalian ingin berwisata, jangan lupa ya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, Serta Mencuci tangan dengan sering.

Nah, alangkah baiknya jika kita membawa bekal seperti minuman atau makanan ringan untuk mengganjal perut saat berwisata ke Wisata Bakukung karena cuaca, kondisi jalan tidak bisa kita prediksi. Untuk kamu yang belum vaksin, segera divaksinasi ya agar kita bisa bebas dari COVID-19.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA