Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Nov 2021 08:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Masih Tersisa

prasasti ciaruteun
Foto: prasasti Ciaruteun
Jakarta -

Tarumanegara disebut sebagai kerajaan tertua di Indonesia dan telah ada sejak abad ke-4. Walau telah tak ada, peninggalannya masih tersisa hingga saat ini.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (16/2/2021), Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa Barat tepatnya di dekat Sungai Citarum. Pendiri Kerajaan Tarumanegara adalah Maharesi Jayasingawarman yang berasal dari India.

Sejarahnya, kala itu dia datang ke nusantara karena kekacauan dan penjajahan oleh pasukan Raja Samudragupta dari Kerajaan Magada. Maharesi Jayasingawarman yang berasal dari Salankayana, India, hijrah ke Nusantara.

Lantas ia bertandang ke Kerajaan Salakanagara dan mendapatkan sambutan dari Raja Dewawarman VIII. Kemudian, ia dinikahkan dengan salah satu putri raja.

Jayasingawarman kemudian membuka wilayah yang diperkirakan terletak di sekitar Bekasi. Ia mendirikan Kerajaan bernama Taruma pada 358 masehi dan kini dikenal sebagai Tarumanagara atau Tarumanegara.

Adapun Raja Jayasingawarman bertakhta selama 24 tahun (358-382M). Sepeninggalannya, takhta dilanjutkan oleh keturunannya.

Hanya dalam perjalanannya, Raja Purnawarman menjadi salah satu yang berhasil mengantarkan Tarumanegara pada masa kejayaannya. Dia digambarkan sebagai sosok yang jujur, gagah dan bijaksana.

Sayang, Kerajaan Tarumanegara usai pada abad ke-7 akibat diserang oleh Kerajaan Sriwijaya. Namun, Tarumanegara sendiri diketahui ada selama 300 tahun atau 3 abad lamanya.

Kerajaan Tarumanegara mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Hindu India. Hal tersebut tampak dari kebudayaan serta bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa dalam prasasti. Berikut sejumlah prasasti dan peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Mayoritas dari peninggalan Kerajaan Tarumanegara itu pun banyak ditemui di Jawa Barat. Dimana banyak dari peninggalan itu diamankan di sejumlah museum.

Selanjutnya: Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA