Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Nov 2021 09:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kesan Pertama Berkunjung ke Museum Santet Cirebon: Seram tapi Bikin Penasaran

Museum Santet Cirebon
Foto: Museum Santet Cirebon (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Kesan seram memang terasa begitu traveler melihat aneka hiasan tersebut. Namun terselip juga pesan-pesan dari sang ustaz yang dituliskan pada papan-papan kayu di museum Santet itu.

"Jangan Takut Santet"

"Jangan Takut!!! Takutlah Hanya Pada Allah!"

"Perbaiki Sholat, Perbanyak Sholawat"

Begitu sebagian pesan yang dituliskan Kang Ujang. Kang Ujang ingin mengedukasi masyarakat agar tidak usah takut dengan sihir, setan dan santet dengan membuat museum tersebut.

"Jadi ini semua adalah media-media yang dilakukan oleh tukang sihir, dukun-dukun santet. Ketika mereka medianya aja seperti ini, kotor dan juga penuh dengan najis, kenapa kita harus takut? Kan kita punya Allah, kenapa harus takut?," ucap Kang Ujang.

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Kesan pertama detikTravel begitu mengunjungi tempat ini memang sedikit seram bercampur ngeri. Tetapi begitu mendengar penjelasan dari Kang Ujang, detikTravel mulai mengerti dari maksud pemimpin Padepokan Anti Galau itu.

"Kita punya Al Quran, kita punya iman, kita punya taqwa. Jangan takut. Biar santet dan sihir itu tidak ada harga dirinya. Ngapain harus takut?," imbuh Kang Ujang.

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Traveler yang penasaran bisa berkunjung juga ke Museum Santet Cirebon yang berada di dalam komplek wisata Talaga Langit. Selain ada Museum Santet, wisata Talaga Langit juga punya kolam renang, area bermain anak-anak, wisata selfie, dan juga restoran.

Wisata Talaga Langit berada di desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Cirebon. Jam buka wisata Talaga Langit ini mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000 per orang saat weekday dan Rp 20.000 saat weekend.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA