Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Des 2021 12:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Puncak Saka di Kulon Progo, Negeri di Atas Awan yang Viral Banget

Puncak Saka, Kulon Progo, Yogyakarta
Puncak Saka Kulon progo primadona baru wisata Yogyakarta. (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya destinasi wisata baru yang sedang viral. Bernama Puncak Saka, destinasi ini menyajikan pemandangan alam laiknya negeri di atas awan.

Puncak Saka berlokasi di Dusun Klajuran, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo. Dari Kota Yogyakarta, jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke sini berkisar 30 km atau 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Destinasi ini dinamakan Puncak Saka karena letaknya berada di sebuah bukit yang oleh warga setempat biasa disebut Bukit Saka Gelap. Puncak Saka ini berada tepat di atas bukit Saka Gelap yang memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Saka, Kulon Progo, YogyakartaPuncak Saka, Kulon Progo, Yogyakarta Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Di atas bukit tempat Puncak Saka berdiri, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam berupa hamparan sawah dan permukiman penduduk yang berada di sebelah timur. Jika menengok ke arah barat laut, akan terlihat jajaran Perbukitan Menoreh, sebuah pegunungan kapur yang membentang di kawasan Kulon Progo (DIY), Purworejo, dan Magelang (Jawa Tengah)

Apabila cuaca sedang cerah, megahnya Gunung Merapi dan Merbabu yang terletak di sisi timur laut bisa disaksikan dari lokasi ini.

"Tempat ini seperti negeri di atas karena dari ketinggian ini kita bisa melihat pemandangan yang luas. Saat malam hari kita juga bisa menikmati lampu-lampu perkotaan dan rumah penduduk yang letaknya nun jauh di sana," kata pengelola Puncak Saka, Mangun Riyadi, saat ditemui di lokasi obwis Jumat (17/12/2021).

Sembari menikmati indahnya pemandangan alam di Puncak Saka, pengunjung bisa menyantap hidangan kuliner yang disajikan pengelola. Terdapat aneka makanan dan minuman yang patut dicoba.

Untuk minuman terdapat menu khusus, yakni Wedang Saka Gelap. Selain itu, terdapat pula minuman lain yang umum dijumpai di setiap rumah makan.

Adapun menu makanan yang tersedia di sini mulai dari makanan ringan seperti gorengan, hingga makanan berat di antaranya nasi ingkung.

"Untuk harga menu di sini kisaran Rp 20.000 hingga Rp 150.000. Paling tinggi itu paket ingkung ayam, yang seporsinya kisaran Rp 150.000 bisa buat ramai-ramai," kata Riyadi.

Halaman berikutnya >>>> Fasilitas di Puncak Saka

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesona Bukit Panyangrayan, Serasa Negeri di Atas Awan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA