Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Des 2021 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Gili Trawangan-Gili Meno, Ini Pilihan Transportasinya

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Pulau Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat
Dermaga Gili Trawangan (Rachman_punyaFOTO)
Lombok Barat -

Rasanya sudah jadi kewajiban untuk mampir ke jajaran pulau atau gili saat liburan ke Lombok. Keindahan pulau-pulau ini memang tiada dua.

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, trio Gili yang jadi favorit wisatawan. detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika menyambangi Gili Trawangan dan Gili Meno baru-baru ini.

Hanya ada satu cara untuk bisa ke sana, yaitu menggunakan kapal. Namun, ada beberapa pilihan kapal untuk traveler.

Pilihan pertama adalah kapal penumpang, biasa disebut kapal publik. Traveler bisa naik kapal ini dari Pelabuhan Bangsal, sekitar 30 menit dari area Senggigi.

Kapal ini tersedia mulai pukul 07.00-17.00 WITa. Sekali jalan, tarifnya Rp 15 ribu per orang. Satu kapal berkapasitas 50 orang dan akan jalan ketika penuh.

Namun, traveler harus hati-hati dengan calo atau makelar saat membeli tiket. Bisa-bisa harganya naik tak karuan saat membeli di luar loket pelabuhan.

"Jangan beli di tempat lain dan jangan sekali-kali suruh makelar beli tiket, mending beli sendiri atau minta tolong pemandu," kata Isnaeni, pemandu agen travel Lombok Damai Tour and Travel.

"Kalau mau ke Gili Air beli tiketnya beda di sebelah timur kantor perhubungan," katanya.

Selanjutnya adalah private boat. Traveler yang liburan bersama keluarga bisa menyewa satu boat cepat tanpa harus terpisah.

Satu kapal boat berkapasitas 7 orang. Jika traveler ingin melakukan perjalanan ke Gili Trawangan PP tanpa menginap, harganya Rp 750 ribu.

"Kalau mau menginap tinggal tambah Rp 100 ribu," dia menjelaskan.

Traveler yang ingin melakukan perjalanan one way atau satu arah akan dikenakan biaya Rp 350 ribu. Ini pemesanan di hari biasa ya, beda lagi jika ramai.

"Kalau ramai harganya lebih mahal, karena kita kan ga banyak jadi bolak balik," kata dia.

Saat sedang musim liburan, harga tiket sekali perjalanan akan dikenakan Rp 500 ribu per kapal. Jika PP maka harganya bisa sampai Rp 900-1 juta.

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA